Mengapa Harus Memilih Bisnis Online? Ini Alasannya!

(Gbr: Google)

Mengapa Harus Memilih Bisnis Online? Ini Alasannya! - Dengan kemajuan Teknologi informasi saat ini, banyak orang yang sudah sangat terbantu untuk mendapakan uang hanya dengan modal kecil.  Peluang ini menjadi angin segar bagi mereka yang menginginkan uang tambahan. Mau jualan tapi terkendala dengan dana, Mau bisnis tapi bingung mau bisnis apa secara persaingan sangat berat.

Sekarang keluhan itu sudah tersingkirkan oleh kemudahan yang ditawarkan berkat kemajuan jaman. Hanya dengan mengandalkan Hp atau laptop/PC kamu bisa meraup keuntungan yang tidak terbatas. 


Untuk kamu yang bermimpi untuk jualan dan punya bisnis sendiri, sekarang mimpi itu sudah didepan mata, tinggal kamunya yang mewujudkannya supaya menjadi kenyataan. Kamu bisa benar-benar menjadi bisnisman dan pengusaha sukses.  


BISNIS ONLINE


Bisnis online (E-commerce) yang marak di kerjakan banyak kalangan sekarang ini tidak lagi asing bagi kita. Sedikit banyak kita pasti mengetahui aktivitas bisnis ini. Bisnis online sangat berpeluang untuk mencari peruntungan bagi yang benar-benar berniat untuk menjalankannya. Berjualan serta memperkenalkan brand yang kita jual supaya menarik minat pembeli.


Tidak ada batasan pembeli produk yang kita jual. Penjualan melalui bisnis online  sangat besar potensi  untuk menyasar keseluruh kalangan  dan belahan nusantara bahkan tidak menutup kemungkinan bisa sampai merambah ke mancanegara. Karena hal itu tidaklah menutup kemungkinan dengan melihat kemajuan Teknolagi dan Informasi(TI) saat ini.


Tidak perlu di ragukan lagi bagaimana peranan Teknolagi informasi (internet) dalam mengembangkan bisnis saat ini. Kita tahu bahwa dengan maraknya kompetitor mengharuskan penjual konvensional harus berani mengambil langkah serius untuk kemajuan bisnisnya di pasar konvensional maupun online. Dengan mengikuti sistem penjualan yang sangat trend 5 tahun belakangan ini yaitu penjualan berbasis online, penjual konvensional harus mengikuti trend tersebut dengan menawarkan produknya dari offline menjadi online. Meskipun tidak sepenuhnya penjualan dilakukan secara online, tentu karena masih banyak pembeli offline. Tetapi untuk meningkatkan omzet perjualan, bisnis online tidak bisa dipandang dengan sebelah mata.


Kenapa Memilih bisnis Online?


Bisnis_online

Pada umumnya banyak orang yang menekuni bisnis offline. Tetapi dengan melihat animo masyarakat terhadap pasar online yang sangat terbuka lebar, orang mulai beramai-ramai menawarkan produknya di media sosial, dan perlahan-lahan menggeser eksistensi pasar konvensional. Akhirnya pengunjung pasar konvensional sedikit demi sedikit, mulai menurun.


Berbagai macam penawaran produk  dilakukan dalam bisnis ini dan tujuannya untuk meraup keuntungan dari hasil penjualan, karena apa saja bisa di perjualbelikan secara online baik melalui akun pribadi maupun market place. Tak pelak bisnis online menjadi bisnis yang paling menjanjikan saat ini. Terbukti di semua media sosial maupun situs-situs penjual lainnya berlomba-lomba mempromosikan atau menawarkan produk-produk mereka bak paduan suara.


Bisnis ini barangkali telah mengena di hati masyarakat khususnya Indonesia, itu bisa di lihat banyaknya produk luar yang membajiri pasar online domestik. Di Indonesia sendiri beberapa toko online yang merajai pasar online sebagai market place jual beli produk atau yang menguasai pasar online diantaranya:

  • Lazada.co.id
  • Blibli.com
  • BukaLapak.com
  • Shopee
  • Bhinneka.com
  • Berniaga.com
  • Zalora.com
  • Tokopedia
  • Salestock
  • Dll


Alasan mengapa memilih bisnis online?


1. Modal untuk menjalankan bisnis online terbilang lebih kecil di banding bisnis offline (konvensional).

Modal adalah salah satu penentu dalam menjalankan bisnis. Nah di bisnis online ini, dengan modal kecil anda tetap bisa berjualan, karena :

➤ tidak mengharuskan stok barang
Apabila anda tertarik menjalankan bisnis ini, tidak perlu memikirkan modal besar. Di awal anda hanya perlu mencari rekanan yang menyediakan produk atau jasa untuk di jual secara online. Biasanya diawal calon penjual bergabung sebagai reseller, calon penjual di minta membeli sejumlah produk sebagai syarat utama menjadi seorang reseller. Itulah modal calon reseller. Dan setelah mengikuti semua syarat barulah masuk daftar anggota. Jika anda tertarik ingin menjadi reseller anda perlu terlebih dulu mencari:
  •  Dropshipper
  •  Reseller
  •  Affiliate


Carilah dropshipper/reseller/affiliati yang terpercaya dan memiliki rekam jejak yang baik dalam bisnis online.


Dengan anda menjadi reseller produk/jasa,  anda bisa mendapat keuntungan dari selisih harga penjualan anda tersebut. Anda bisa menetapkan harga produk yang anda jual sebagai reseller diatas harga reseller anda. Harganya jangan terlalu mahal terutama jika produk yang dijual banyak kompetitornya karena apabila produk yang anda jual harganya terlalu tinggi maka pelanggan anda bisa beralih ke reseller lain untuk mencari produk yang lebih murah.

Berikut beberapa toko online yang melayani reseller (bukan rekomendasi):

  • Resellerdropship.com
  • Shopee.co.id
  • Dll


 Biaya operasional sangat kecil

Biaya untuk bisnis online tentu lebih kecil karena tidak perlu bayar listrik, sewa tempat, biaya pemeliharaan, keamanan karena anda berjualan cukup dari rumah dengan modal waktu, pulsa dan HP.

2. Lebih praktis


Bisnis online tidak ribet. Tdak ada sistem buka tutup toko seperti toko konvensional. Anda hanya perlu jari-jari mengetik untuk menawarkan dan mempromosikan barang/produk anda di media online. Dengan cara tersebut pembeli akan datang sendirinya membeli produk  anda.


3 .Hemat waktu


Dengan bisnis online, anda tidak perlu menghabiskan waktu untuk tongkrongi lapak anda. Anda bisa berjualan sambil kerja offline, jaga anak, sambil jalan-jalan kapanpun dan dimanapun. Saat berjualan anda hanya perlu koneksi internet dan tentu smarphone atau PC/Laptop.


4. Minim resiko

Belum pernah saya menemukan seseorang yang mengeluhkan Bisnis onlinenya rugi atau bangkut. Selain prospeknya bagus, bisnis online ini nyaris tidak ada resiko merugi dan bangkrut. Berbeda dengan bisnis konvesional yang kemungkinan bangkrut akibat sepinya permintaan pasar yang berdampak menumpuknya stok barang digudang yang tidak terjual. Jika anda merupakan reseller suatu produk, anda tidak menyetok barang. Anda hanya melayani permintaan pasar yang nantinya barang yang anda pesan ke dropship akan di kirim ke pelanggan anda menggunakan identitas anda.


5. Pasar lebih luas


Semakin luas jangkauan pasar maka penjualan juga semakin besar. Penggunaan Internet dan media sosial online yang tersebar di seluruh penjuru dunia memberi peluang besar bagi produk yang anda jual laku keras dan dengan cepat akan di kenal dimana-mana dan itu yang akan memberi impact kemajuan bisnis anda


Hal yang perlu di persiapkan sebelum terjun ke bisnis online



Sebelum anda terjun dalam bisnis online ada baiknya pilih terlebih dahulu jenis produk yang ingin anda pasarkan. Ini penting bagi anda yang ingin memulai bisnis ini. Setelah anda memutuskan jenis produk yang anda jual, carilah dropship yang sesuai dengan kategori produk yang  ingin anda jual. Pelajari tentang produk yang akan dijual tersebut karena sebelum anda menjual harus tahu tentang produk anda, apa kelemahan dan kelebihan produk tersebut. Tujuannya untuk memberikan jawaban dan antisipasi terhadap pertanyaan yang mungkin dilontarkan calon pembeli anda.


Siapa saja target penjualan bisnis online anda?

Pangsa pasar online sangatlah luas dan terbuka lebar saat ini bagi siapa saja. Untuk mengetahui siapakah yang menjadi target anda itu sangat bergantung dengan produk yang anda jual. Itu sebabnya sangat penting menentukan jenis produk yang akan dijual sebelum terjun dalam bisnis ini. Untuk menetukan siapakah pangsa pasar anda?. Ada beberapa kategori pasar yang bisa di bidik sebagai konsumen produk anda. Tergantung produk yang anda jual. Tetapi disinilah pembeda antara bisnis online dengan bisnis konvensional. Ketika anda menawarkan produk anda, semua kalangan dan semua gender bisa melihat produk anda. Jadi siapapun yang tertarik dengan produk anda, bisa bertransaksi  lewat bisnis media online anda.


Hal yang perlu di persiapkan sebelum memulai bisnis online.

Banyak orang yang ingin melakoni bisnis online, tapi sebagian dari mereka menjadikan keinginan itu hanya sebatas wacana saja karena belum siap dalam banyak hal. Apabila anda benar-benar ingin terjun dan menekuni bisnis ini sebaiknya perhatikan hal-hal berikut ini :

1. Siapkan terlebih dahulu mental pemenang anda sebelum anda bertarung.

Kelihatannya memang sepele, tetapi apa yang kelihatan sepele pada dasarnya tidaklah demikian. Tidak jarang orang yang gagal menjalankan bisnis ini karena apa yang mereka raih tidaklah seperti yang mereka bayangkan. Butuh kerja keras untuk mengembangkan bisnis ini karena terkadang butuh waktu untuk meyakinkan calon pembeli untuk membeli produk yang kita tawarkan.

2. Modal

Siapa bilang bisnis online tidak ada modal? Omong kosong jika ada yang berkata bisnis online tanpa modal. Meskipun tidak sebesar modal bisnis konvensional, bisnis online juga butuh modal. Karena untuk online butuh HP/ laptop, kuota, waktu dan semangat.


3. Fokus.

Untuk menjalankan bisnis online ini yang tak kalah penting juga adalah fokus terhadap bisnis yang di jalankan. Tidak boleh tergoda dengan bisnis tetangga yang kelihatan lebih subur dari bisnis kita.  Jalankan dulu bisnis yang anda rintis sampai berhasil.


4. Kemauan/niat

Jika tidak ada niat dan kemauan yang kuat untuk memulai sebuah bisnis maka bisnis anda tidak akan jalan. Meskipun banyak tawaran bagi anda untuk bisa bergabung dalam bisnis ini anda akan menolak dan merasa pesimis. Terkadang kemauan itu muncul ketika anda terdesak akan kebutuhan. jadi mau tidak mau anda harus terjun karena desakan kebutuhan. Atau bisa juga karena melihat orang di sekitar atau teman berhasil menjalankan bisnis online tersebut sehingga anda tergerak untuk berbisnis. Apapun alasannya niat anda untuk berbisnis  akan membawa anda mencapai tujuan anda tersebut.


Besarnya pengaruh media online saat itu bukan hanya berpengaruh di bisnis konvensional yang banyak beralih menjadi bisnis online. Media/berita offline pun tidak ketinggalan. Media offline yang sudah berpindah go online diantaranya adalah:

  • Kompas.com
  • Okezone.com
  • Detik.com
  • TEmpo.co
  • SINDOnews
  • Viva.co.id
  • Tribunnews.com
  • Merdeka. com

Dulunya orang memasang iklan di surat kabar Offline, sekarang sudah berpindah menggunakan media online.itulah sekilas penjelasan mengenai Peluang Bisnis Online Hanya Dengan Modal Kecil. Semoga bermanfaat
Mengapa Harus Memilih Bisnis Online? Ini Alasannya! Mengapa Harus Memilih Bisnis Online? Ini Alasannya! Reviewed by Risda Nababan on August 28, 2017 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.