Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Keuntungan memiliki Hobi Menjahit. Wajib Kamu Pertimbangkan


Credit: teezsewcrafty

Menjahit adalah salah satu hobi yang patut di pertimbangkan. Banyak keuntungan yang kamu dapat dari hobi menjahit ini, dengan kata lain sangat berpotensi untuk dijadikan rujukan sumber pendapatan tambahan keluarga. Mengapa demikian? Karena mesin jahit bisa menjadi solusi yang tepat menghasilkan uang dan menghasilkan banyak karya. Itu sebabnya dalam artikel ini bahwa mesin jahit solusi yang tepat dalam menghasilkan uang. Saat ini saya sedang menikmati hobi yang sudah sejak lama belum terpenuhi, tetapi syukurlah akhirnya keinginan saya untuk  memiliki mesin jahit terwujud. wah senang rasanya.


Sebenarnya keinginan untuk memiliki mesin jahit ini  sudah lama terbersit di benak saya, tetapi hal itu belum bisa terealisasikan karena  masih ada keperluan yang lebih mendasar. Walaupun belum bisa direalisasikan tetapi bukan berarti keinginan itu terlupakan. Keinginan memuncak tatkala  beberapa bulan sebelumnya saya menjahitkan pakaian saya di sebuah pusat perbelanjaan dan menurut kebanyakan orang tempat itu direkomendasikan sebagai tempat penjahit pakaian wanita tetapi tidak bagi saya karena pengalaman saya pertama kali menjahit pakaian tidak seperti yang di rekomendasikan sebagai tempat menjahit yang bisa memuaskan.


Waktu itu saya tertarik untuk menjahit di sana, atas rekomendasi tetangga saya yang menjahitkan baju kerja disana dan hasilnya bagus, sesuai ekspektasi saya waktu saya belum tahu cara menjahit. Dan saya memutuskan untuk pergi mencari tempat itu, dimana tetangga saya terlebih dulu menjahitkan baju disana. Setelah saya menemukan tempat penjahit yang dimaksud, saya pun meminta untuk menjahitkan kain yang saya bawa. Malangnya, si penjahit yang dimaksud bukannya melayani saya untuk menerima jahitan malah membawa saya ke salah satu penjahit lain, yang saya pikir tempat ia menjahit.


Setelah saya sampai di tempat jahit itu saya mengeluarkan kain yang saya bawa untuk dijahit beserta  gambar model baju yang saya inginkan. Sebetulnya waktu saya duduk di sana pikiran saya sudah mulai terusik. Waktu itu saya melihat baju yang dikenakan si tukang jahit tersebut bagi saya di kenakan kurang enak dipandang, selaku ia sebagai seorang tukang jahit. Akan tetapi bekal rekomendasi  teman saya tadi, saya pun tetap memutuskan untuk menjahitkan kain tersebut disana walaupun harganya bagi saya tergolong mahal.


Setelah harga dan model yang saya pesan deal, jadilah si kain tadi di titip untuk dijahit. Lama proses penjahitan 2 minggu. Setelah dua minggu saya kembali lagi ke penjahit tadi  untuk mengambilnya, Jreng...jreng...kain yang saya harapkan jadi baju yang bagus ternyata sangat mengecewakan. Dari model, benang yang di pakai sampai ukurannya semuanya tidak ada yang pas dihati.


Kekecewaan saya tak dapat dibendung akhirnya saya bawa pulang baju yang bagi saya tidak jelas. Saya rasa ruginya berlipat-lipat, mana kainnya mahal, upah jahit juga mahal tapi hasilnya mengecewakan. Sakitnya tuh di sini...hiks..hiks...
Sejak saat itu saya putuskan HARUS beli mesin jahit.


Beberapa keuntungan memiliki hobi menjahit :


1. Dapat menghemat pengeluaran.

Jika ditinjau dari biaya yang kita keluarkan untuk membeli sehelai baju berapa Rupiah yang dikeluarkan? Untuk baju sehari-hari memang tidak terlalu sakit, tetapi untuk baju pesta atau untuk acara tertentu memang mahal. Keuntungan yang pertama memiliki hobi menjahit adalah dapat menghemat pengeluaran kita.


Untuk mendapatkan baju bagus, kita harus mengeluarkan uang ratusan sampai jutaan rupiah. Untuk saya yang pendapatan relatif, untuk membeli baju seharga itu saya pikir-pikir dulu. Bisa bolong kantong saya jika harus membeli baju jutaan rupiah, mending saya belajar dan saya jahit sendiri itu lebih baik dan menguntungkan. Sederhananya untuk motong celana saja 15 ribuan, kan sayang uangnya...Uang yang tadinya untuk beli baju dengan memiliki mesin jahit uang tersebut dapat disimpan untuk tabungan atau tambahan modal.



2. Dapat menambah pendapatan


Selain bisa menghemat pengeluaran, bisa juga loh menjadi sumber pendapatan.
Contohnya, menerima  pesanan pembuatan jilbab, mengecilkan baju tetangga, memotong celana, atau membuka usaha rumahan memperbaiki pakaian tetangga yang koyak  dan lain-lain. Atau jika anda sudah mahir, anda bisa ambil pesanan dan membuka jahit pakaian di rumah, yang penting ada kemauan untuk terus belajar.


Dulu, Awal saya membeli mesin jahit, saya tidak tahu buat pola, mengukur badan, saya hanya bisa menjalankan mesin jahitnya saja. Saya belajar dari internet saja, begitu saya dapat pengetahuan baru saya langsung praktekkan untuk membuat baju sendiri. Untuk prakteknya saya sengaja membeli kain kiloan karena harganya lebih murah dan mudah di dapat karena penjualan kain kiloan terbilang dekat dari rumah tinggal saya. Alhasil baju buatan saya terbilang berhasil meski tidak sempurna. Tetapi dari keberhasilan itu tentu meningkatkan rasa percaya diri saya.


3. Sebagai lahan untuk menginspirasi orang lain


Jika ini merupakan hobi, jalani dengan enjoy dan sekaligus di tekuni. hobi menjahit sangat berpeluang sebagai salah satu sumber penghasilan tambahan bahkan pekerjaan utama . Lebih dari pada itu, dengan hobi maka semua waktu yang tersisa dapat kita pergunakan untuk hal yang menghasilkan dan menguntungkan dan juga menjadi inspirasi bagi orang lain


Dengan adanya hobi ini anda dapat menyibukkan diri dari sekedar ngerumpi dengan tetangga dan dampaknya sangat positif atau dari pada menghabiskan waktu kita buat jalan-jalan dimall yang notabene tujuannya menghabiskan uang, mendingan berkreasi dirumah di depan mesin jahit. Nongkrong di depan mesin jahit, bisa mengasah inspirasi untuk menciptakan sesuatu yang bernilai jual.



4.  Menciptakan Mode-mode terbaik terbaru untuk dipakai sendiri.


Dengan hobi menjahit, kita bisa menjadi spesialis (designer), spesialis kebaya, spesialis jas, spesialis gorden, spesialis pakaian pengantin. Jadi terlihat keren kan ๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š ๐Ÿ˜Š. Kamu bisa menjadi aspirasi mode - mode baju terbaik yang unik dan keren. Beberapa tahun belakangan ini, profesi menjahit tidak bisa dipandang sebelah mata๐Ÿ˜๐Ÿ˜. Profesi ini lagi naik daun dan memperkaya kehidupan.


Sekarang banyak jenis mesin jahit yang dapat mensupport ide-ide anda, mulai yang portabel sampai yang digital.da mesin jahit enjotan dan ada mesin jahit portable. Anda bisa pilih jenis mesin jahit yang kamu suka dan  menurut anda  yang cocok untuk mendapatkan hasil jahitan yang sempurna.



5. dapat menghias rumah dengan dekorasi yang indah, mulai dari gorden, taplak meja, sprei, tutup kulkas, megic com, tutup galon dan lain sebagainya dengan budget yang lebih murah dan kualitas bagus.


6. Kepuasan dan Rasa Percaya diri


Dengan melihat hasil sampai kepada pencapaian yang kita buat, rasanya puas meskipun itu masih ada kekurangan. Setidaknya kita akan menambah rasa percaya diri dan berkata walau dalam hati ; ini loh hasil karya saya. Kita patut mendapat apresiasi dari hobi asal kita tekun menjalankannya.

Inilah keuntungan memiliki hobi menjahit yang harus kamu pertimbangankan yang bisa saya bagikan untuk pembaca blog ini. Semoga membantu anda untuk yang sedang berkeinginan untuk memiliki mesin jahit.




2 comments for "Keuntungan memiliki Hobi Menjahit. Wajib Kamu Pertimbangkan"

  1. Hai. Kebetulan saya terdampar ke blog anda, setelah saya lihat-lihat ternyata isi-isinya cukup menarik dan banyak artikel-artikel yang sangat bermanfaat.
    Izin ikut bookmark dan share blog inii ke socmed saya ya
    supaya biar blog ini tambah populer. Jangan lupa di update terus ya blognya.Terima
    Kasih

    ReplyDelete
  2. Silahkan di share...
    Nantikan terus update terbaru dari blog ini ya!

    ReplyDelete