Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Merawat Kecantikan Kulit Wajah Tetap Sehat, Halus dan Mulus





Cantik dan seksi, itulah gambaran yang terselip pada diri seorang perempuan. Tak peduli bagaimana paras dan bentuk wajahnya, bulat, lonjong, oval, tirus dan bersegi. Berjerawat, kulit berminyak, atau halus mulus. Yang disebut sebagai sosok seorang perempuan itu tetap disebut sebagai perempuan cantik. Jangan tanya, dilihatnya dari mana perempuan cantik, apa dari monas kali ya? Yang jelas jangan pernah sebut perempuan ganteng, okay...๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜. 

Perempuan membutuhkan cara perawatan kulit wajah agar sehat, halus dan mulus, dan untuk mendapatkan itu dibutuhkan perawatan yang ekstra dan biaya yang cukup mahal tentunya. Mulai dari pemilihan kosmetik yang baik dan tidak membahayakan kulit, juga memperhatikan kebersihan wajah setelah seharian beraktifitas yang tentu terkena debu kotoran dan sisa make-up.

Perlu diketahui, kecantikan berasal dari 2 sumber, yang kedua-duanya harus kamu miliki supaya nyata kecantikanmu yang sesungguhnya.



♕ Kecantikan dari dalam harus menjadi sorotan dan prioritas utama kamu untuk mendapatkan kecantikan yang sesungguhnya.


Kecantikan terpancar dari kulit yang sehat, maka untuk mendapatkan kulit sehat harus disertai dengan makanan sehat pula. Jika kulit wajahmu ingin sehat terawat, perhatikan asupan yang masuk kedalam tubuh kamu jangan memasukkan makanan sampah kedalamnya, karena terbukti ada beberapa jenis makanan yang sangat sensitif dengan kulit kamu, gampang terkena alergi yang dapat merusak kesehatan kulit wajah kamu. Untuk menjaga kesehatan kulit dari dalam perlu kamu perhatikan beberapa hal dibawah ini:

1. Hindari makanan yang bisa membuat kulit wajah kamu mengalami masalah.


Beberapa orang bisa mengalami alergi saat menkonsumsi makanan-makanan tertentu.  Jika kamu tahu bahwa kulit wajah kamu sensitif dan dapat menimbulkan alergi sebaiknya hindari makanan tersebut. Misalnya makan udang atau kepiting bisa membuat kulit wajah mengalami gatal-gatal dan menimbulkan bercak-bercak merah, sebaiknya tahan dulu nafsu kamu. Atau alergi  terhadap masakan yang mengandung MSG, kamu harus hindari makan luar karena kebanyakan makanan siap saji mengandung MSG. Bagi yang tidak ada pantangan,boleh-boleh saja untuk konsumsinya ya!. 


2. Minum air putih yang cukup setiap harinya.


Bagi kamu yang bekerja di ruangan ber - AC,  atau terpapar dibawah terik sinar matahari sering kali membuat kulit wajah kamu terasa kering. Untuk menghidari kulit kering dan bersisik, minumlah air putih yang cukup. Minum air putih 1.5 - 2 liter perhari atau setara dengan 8 gelas sehari baik bukan hanya untuk kesehatan kulit wajahmu tetapi kesehatan tubuhmu secara keseluruhan. Air putih dapat memberikan kelembapan dan kekenyalan bagi kulit wajah kamu.

Tips : Bagi kami yang bekerja ditempat ber-AC , tips dari saya: Isi air penuh dalam gelas, lalu letakkan di meja kerja kamu. Ini dapat mengurangi kekeringan pada kulit karena nantinya air didalam gelaslah yang disedot AC bukan kelembaban kulit kamu.


3. Mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi.


Makanan sehat dan bergizi dapat membantu aktivitas tubuh kamu bekerja dengan baik. Supplai makanan sehat sangat dianjurkan untuk mendapatkan gizi yang seimbang sehingga kinerja tubuh untuk menghasilkan enzim yang dibutuhkan tubuh terpenuhi. 


Jangan habiskan uang kamu atau gaji kamu untuk membeli kosmetik mahal tetapi asupan yang akan kamu masukkan kedalam tubuh kamu abaikan. Ada kebiasaan buruk beberapa orang, untuk membeli kosmetik rela mengeluarkan uang banyak dengan tanpa perhitungan dan pertimbangan yang baik tetapi menyangkut urusan perut yang notabene awal dari kesehatan mereka abaikan.


Apabila makanan yang kamu makan sehari-hari makanan junk food dan Mie Instan darimana tubuh kamu bisa memperoleh gizi yang lengkap dan seimbang?
Makanan yang sehat dan seimbang terdiri dari:


A. Karbohidrat

Karbohidrat bersumber dari beras, gandum dan jenis umbi-umbian. Kekurangan karbohidrat  dapat menyebabkan tubuh menjadi lemas, tidak fokus, karena jumlah asupan yang dbawa keotak tidak mencukupi. Entah, apa karena kebiasaan, sebagai orang yang hidup dan tinggal didaerah iklim tropis, tanpa nasi ๐Ÿš masuk kedalam tubuh, tubuh menjadi lemas, cepat lapar dan gemetaran. Apakah kamu pernah mengalaminya? Tandanya bahwa tubuh kamu sangat respek terhadap asupan yang kamu konsumsi.


B. Vitamin-vitamin

Vitamin bersumber dari sayur-sayuran dan buah-buahan segar. Vitamin yang terdapat dari sayur-sayuran dan buah-buahan adalah vitamin, A, B, C, E, B6, B12, Magnesium dan lain sebagainya. Vitamin E sangat baik untuk kesehatan kulit. Oleh karena itu Vitamin E banyak digunakan sebagai bahan pembuatan kosmetik yang berfungsi sebagai antioksidan dan anti Aging. Selain dari pada itu dalam sayur-sayuran dan buah-buahan mengandung serat dan air yang berguna untuk melancarkan pencernaan.


C. Protein nabati dan hewani

Seringkali  kita menemui orang yang anti protein nabati, sebut saja kacang-kacangan. Takut mengkonsumsi biji kacang dengan alasan dapat menimbulkan jerawat pada wajah. Kalau makannya tidak berlebih saya kira tidak ada masalah. Atau konsumsi telor. Padahal proetein bersumber dari makanan ini selain dari daging dan ikan.


D. Suplemen kecantikan.


Saat ini banyak produk suplemen kesehatan yang dijual bebas dipasaran. Kamu harus memilih produk yang memang sudah terverifikasi dan berada dalam pengawasan badan pemeriksaan obat dan makanan (BPOM). Hal ini bertujuan supaya kamu membeli supplement yang aman bagi kesehatan tubuh. Jangan tergoda dengan iming-iming harga murah pada hal tidak tahu bahan yang terkandung dalam suplemen tersebut.


Selain memperhatikan makanan yang kamu konsumsi  sehari-hari sebagai salah satu faktor buat merawat kecantikan kulit wajah karena itu sangat mempengaruhi kecantikan dan kesehatan kamu, kecantikan yang satu ini  juga tak kalah penting untuk kamu ketahui:

4. Menjaga perilaku yang baik karena menunjang kecantikan dari dalam


Wanita itu harus terlihat cantik apapun alasannya. Tidak juga menyangkut soal sibuk sehingga tidak sempat merawat diri. Diusia 30-an garis muka mulai terlihat.  Mulai muncul kegalauan melihat mukanya yang sudah menua dan mulai timbul flek hitam. Maka akan sering kesalon buat perawatan pengencangan dan memutihkan kulit wajah agar tetap awet muda dan tetap kinclong. Biar bagaimanapun harus tetap terlihat cantik sekalipun usianya tidak muda lagi. Diusia 50an tahun harus tetap terlihat cantik dan kayak balik ke usia anak remaja.


Tidak ada yang salah dengan hal itu, menjaga kecantikan itu mutlak dimiliki oleh seorang wanita. Namun untuk menjaga keseimbangan maka perlu mempercantik diri dengan perilaku yang baik juga. Kecantikan wajah itu hanya pada usia tertentu saja. Seiring waktu berjalan wajah yang kenyal mulus kinclong seiring dengan perubahan waktu, wajah itu akan mengalami yang namanya penuaan lalu keriput dengan rambut putih dikepala. Tidak ada yang bisa menghentikan itu terjadi.


Perilaku baik tidak akan mengalami penuaan, tidak akan berkeriput malahan jika semakin matang akan semakin jadi. Perilaku baik membuat hati senang dan muka berseri-seri yang memancarkan kecantikan sesungguhnya seorang wanita. Riaslah hatimu kesalon perilaku kecantikan, supaya aura kebaikan itu terpancar dari wajahmu.




♕ Kecantikan dari luar. Pancarkan aura cantikmu dengan dandanan yang maxi dan berkelas.


Wanita harus terlihat cantik dan menarik  meski dilihat dari sudut pandang manapun. Dandanan tidak harus mahal, asalkan yang kamu pakai cocok dan pas dikulit dan tubuh kamu. Toh kalau pemasukan hanya cukup untuk kebutuhan sehari-hari kenapa harus memaksa beli kosmetik mahal?


Kesederhanaan yang jujur yang kamu tunjukkan dari keseharian mampu membuat dirimu terlihat lebih cantik dari mereka yang menggunakan kosmetik mahal sekalipun. Kita harus akui wanita memang rempong sekali. Segala yang berkaitan dengan wanita tidak akan ada habisnya buat jadi topik pembahasan. Demikian juga tentang kecantikan.


Wajah merupakan identitas wanita, pastikan  wajahmu terus cantik, sehat mulus bebas flek dan jerawat.


Pertama, yang paling menjadi sorotan dan pusat perhatian wanita adalah wajahnya. Alasannya karena wajahlah identitas yang paling mudah dikenali dari seorang wanita sekaligus menunjukkan profilnya. Berkenalan dengan seorang pria, yang pertama kali diperhatikan adalah wajahnya. Laki-laki yang menaruh rasa penasaran terhadap wanita, yang pertama kali ditanya cantik atau tidak?

Meski ada yang berkata: yang penting hatinya baik, preeeettt. Memangnya kamu bisa lihat hatinya sebelum lihat parasnya?. Kamu pilih teman di Facebook aja musti lihat poto profilnya dulu baru mau berteman, iya kan? Makanya laris manis smartphone dengan hasil kamera bagus walaupun hasil jepretannya menipu. Sebab tanpa riasan dengan kamera 160 kamu terlihat sama seperti orang Korea, putih merona lalu dengan bangga menjadikan foto profil karena terlihat cantik.

Untuk menjaga kecantikan kulit wajahmu ada beberapa poin yang harus kamu perhatikan:

1. Pilihlah Kosmetik yang cocok kamu pakai di kulit wajahmu.


Banyak produk kosmetik saat ini beredar dipasaran. Kamu sebagai konsumen harus teliti dan jeli memilih sebelum membeli. Promosi jor-joran yang sering dilakukan oleh pe-bisnis online yang kamu temui dimedia sosial, membuat kamu jatuh hati dan tertarik membelinya. Karena keseringan membaca testimoni, bahwa kualitas produknya bagus, kamu ikut-ikutan membeli.


Memang testimoninya bagus dan berhasil membuat konsumen mendapatkan kulit wajah seperti yang dia inginkan. Tetapi kamu harus tahu bahwa kulit wajah yang ada ditestimoni itu tidak sama dengan kulit wajahmu. Pilihlah yang memang benar-benar sesuai dengan kulit wajahmu.


2. Kenali type dan jenis kulit wajahmu dengan baik. Hal itu akan membantu dalam pemilihan jenis kosmetik yang lebih cocok padamu.


Jenis kulit wajah wanita bermacam-macam,  ada yang sensitif dan ada yang tidak, ada kulit berminyak, kulit kering dan kulit normal. Semua jenis kulit tersebut memerlukan perawatan dan kosmetik khusus dan berbeda pula. Adanya perbedaan jenis kulit ini mengharuskan menggunakan kosmetik yang sesuai dengan jenis kulit wajah kamu. Beberapa kosmetik dirancang khusus sesuai jenis kulit wajah.

Sebelum memutuskan untuk membeli, baca dan pelajari dulu komposisi yang tertera pada label produk. Jangan karena terpengaruh dengan Iklan, lalu tanpa memperhatikan terlebih dulu produk yang kamu beli, ujungnya kamu sendiri yang menyesal membeli produk namu tidak sesuai dengan jenis kulitmu.


3. Jangan sering gonta-ganti kosmetik jika tidak ingin wajahmu mendapat masalah.


Biasanya Anak remaja suka sekali membeli kosmetik sesuai pandangan mereka tanpa memperhatikan efek sampingnya. Ibaratnya menyesuaikan, mana kira-kira yang paling berpengaruh membuat wajah mereka tampak lebih putih dan halus mulus.

Apalagi wanita sangat ketakutan dengan yang namanya "jerawat". Melihat sebesar biji sawi saja menempel dibagian wajahnya, tensinnya langsung memuncak panik sepanik-paniknya. Untuk menghentikan dan mengobati mereka cenderung mencari kosmetik dengan jenis dan merk yang berbeda.

Tips:  Apabila Jerawat diwajahmu sangat menggangumu sebaiknya sterilkan dulu kulit wajahmu dari pemakaian kosmetik sampai jerawat benar-benar sembuh.


4. Jagalah selalu kebersihan kulit wajahmu dari kotoran yang menempel dan sisa-sisa kosmetik.


Setelah beraktivitas seharian, rajin-rajinlah membersihkan wajah dari kotoran dan sisa-sisa kosmetik yang menempel pada kulit wajahmu. Jangan bawa tidur kotoran setelah seharian kamu beraktifitas meskipun hanya didalam ruangan tertutup. Kotoran dan sisa kosmetik yang menempel bila tidak segera dibersihkan, akan membentuk pigmen baru yang bisa membuat kulit wajahmu kusam dan menimbulkan flek-flek hitam diwajahmu. Cara membersihkan kulit wajah dari kotoran yang menempel:

a. Cuci muka dengan sabun khusus pencuci muka atau yang berupa scrab pencuci wajah

b. Usap-usap wajah kamu dengan lembut dengan cara memutar.

c. Bilas wajah kamu dengan air bersih sampai sisa busa sabun tidak ada lagi yang tersisa.

d.Untuk mendapatkan hasil terbaik, bersihkan dengan pembersih wajah menggunakan kapas pembersih. Kapas dengan pembersih dapat menjangkau seliruh bagian wajah yang belum dibersihkan dengan sabun atau scrab pencuci seperti area mata.

e. Untuk memberikan kesegaran pada wajah, usapkan toner penyegar setelah selesai membersihkan kulit wajahmu. Ini akan memberikan efek dingin pada kulit.

f. Untuk meregenerasi kulit wajahmu, gunakan cream malam sebelum tidur. Pada saat kamu tidur cream yang kamu pakai akan bekerja memperbaiki dan mengganti sel kulit mati dikulit wajahmu.

Nah, semua cara diatas wajib kamu lakukan setiap hari untuk kebersihan kulit wajah mu, namun disamping itu kamu bisa lakukan perawatan secara berkala juga, seperti:

g. Scrubbing

Bertujuan untuk membersihkan dan mengangkat sel kulit mati. Penggunaannya tidak boleh terlalu keras ya karena dapat merusak jaringan sel kulit kamu dan juga melukainya. setelah itu bisa lanjutkan dengan,

h. Maskeran

Menggunakan marsker berbahan alami dapat mengencangkan dan memutihkan kulit wajah kamu. Selain itu produk pabrikan juga bisa kamu pilih tetapi pilih produk yang aman bebas dari Mercuri

i. Periksa dan konsultasikan kesehatan kulit kamu ke dokter spesialis kulit atau klinik kecantikan dikotamu. Atau sesekali manjakan dirimu di spa.1


Kalau punya biaya lebih kamu bisa kunjungi klinik kecantikan untuk mereverasi kulit wajah kamu. Tetapi jangan terlalu dipaksakan juga. Saking obsesinya untuk menjadi cantik sampai berani diet ketat. Kalau belum ada uangnya tidak usah segitunya, bukannya cantik yang diperoleh malahan jadi kurang vitamin dan gizi buruk.

Meskipun itu perlu bagi wanita, tetapi bukanlah suatu keharusan bagi penyandang dana pas-pasan. Jangan sampai tidak makan karena memikirkan urusan wajah, masih banyak hal yang lebih penting.



5. Hindari paparan sinar matahari secara langsung karena dapat merusak dan menggelapkan kulit wajah.


Kamu memang tidak selalu berada diruang tertutup  sehingga bisa menghindari paparan panasnya terik sinar matahari. Tetapi saat kamu terpaksa  harus berjemur, kamu bisa mengatasi penggelapan itu terjadi dengan cara berikut:

a. Saat keluar rumah, gunakan selalu sunblok. Sunblok dapat menangkal radikal bebas yang dapat merusak dan menggelapkan kulit kamu dari paparan sinar matahari secara langsung kedalam kulit.

b. Gunakan penutup wajah saat berada  diluar atau dijalanan. Untuk pelindung, gunakan jaket, helm atau payung.


6. Sering-seringlah tersenyum, senyum membuat wajahmu merekah dan berseri. Buktikan kamu akan terlihat lebih cantik dan menawan.


Bagaimanapun cara kamu mengelola wajahmu agar terlihat cantik, bila kamu pelit buat tersenyum, muka kamu akan terlihat kaku dan itu membuat kamu terlihat jelek. Muka tersenyum, cantiknya beda meski tanpa polesan. Coba kalau muka kamu ditekuk layaknya orang yang mau menerkam, cantikmu tidak ada artinya.


Operasi plastik untuk memperoleh kecantikan dan percaya diri yang tinggi.

Hasil operasi plastik (after-before)


Berusaha menjaga kecantikan itu wajib bagi seorang wanita. Meski sebagian besar wanita merawatnya dengan menghabiskan banyak fiti demi hasil yang memuaskan. Bahkan tidak tanggung-tanggung untuk melakukan operasi plastik sampai keluar negeri hanya supaya mendapatkan cantik yang mereka inginkan.


Bagi kamu yang sudah dianugerahi cantik alami tak perlu lagi melakukan operasi plastik yang menghabiskan uang  banyak. Cukup rawat cantikmu itu agar awet sampai tua. Niscaya kamu akan bahagia dengan kecantikan mu.

Post a Comment for "Cara Merawat Kecantikan Kulit Wajah Tetap Sehat, Halus dan Mulus"