Cara Terbaik memilih Makanan sehat untuk ibu hamil

Kredit :thebabychick

Kehamilan merupakan momen spesial dalam hidup seorang wanita. Ketika kabar menggembirakan itu datang, calon ibu berusaha mencurahkan perhatian dan memberikan segala yang terbaik bagi calon buah hatinya termasuk dalam mempersiapkan makanan sehat khusus bagi ibu hamil. Bagaimana tidak buah kehamilan adalah hal yang istimewa yang akan dilahirkan ke dunia ini. Saat bayi lahir, tentu ibu sangat mengharapkan bayi yang dilahirkan normal dan dalam keadaan sehat. Makanan sehat saat hamil menjadi faktor utama menjamin kekuatan ibu dan perkembangan bayi dalam kandungan.


Mengatur dan menjaga pola makan yang sehat saat hamil tentunya harus selalu diperhatikan. Jangan sampai kehilangan momen dimana bayi sangat membutuhkan banyak nutrisi untuk membantu pertumbuhan organ tubuh janin terutama para trimester pertama kehamilan terabaikan. Karena biar bagaimana pun kamu sedang membangun sebuah kehidupan atau dengan kata lain, sebuah generasi baru sedang melekat didalam tubuhmu, didalam perutmu.


Pada trimester pertama kehamilan, janin sangat rentan terhadap kemungkinan bahkan terhadap keguguran. Wanita hamil harus ekstra hati-hati dalam menjaga dan mengawasi janin dalam kandungannya. Oleh sebab itu, wanita yang sedang hamil sangat tidak disarankan memakan  sembarang makanan apalagi yang dapat memicu terjadinya keguguran. Disamping itu, sebagian wanita 🤰 hamil sangat sensitif terhadap jenis makanan serta aroma makanan tertentu karena dapat menimbulkan mual dan muntah.


Selain pola makanan yang sehat dan seimbang, guna menjaga perkembangan janin yang sehat, ibu hamil harus tetap memperhatikan beberapa makanan yang baik di konsumsi oleh wanita hamil. Apabila kamu sedang hamil kamu boleh sediakan makanan ini dirumah, karena jenis makanan ini mengandung nutrisi dan memenuhi kebutuhan wanita hamil:


1. Almond

Kredit: etalasegygy

Kacang almond mengandung banyak vitamin, protein, mineral dan serat.  Dalam 1 ons almond dapat memenuhi seperdelapan dari kebutuhan harian.


2. Susu tanpa lemak atau susu khusus ibu hamil. 

Kredit: kaushikg2712

Merupakan sumber vitamin A, vitamin B12, kalium, dan sumber protein, vitamin D, Riboflavin, Kalsium dan fospor yang bermanfaat bagi tubuh terutama ibu hamil.


3. Sayuran hijau tua.

Kredit: amboja.farm

Sayuran berwarna hijau tua secara umum sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh dan kulit. Selain menyediakan sumber nutrisi, kalium, serat, asam folat juga mengandung vitamin A, C dan E. Wanita hamil disarankan mengkonsumsi jenis sayuran segar diantaranya:
  • Bayam   
  • Kubis
  • Brokoli
  • Wortel

4 . Susu kedelai atau kacang polong

Kredit: dhenoctriana

Susu kedelai berasal dari kacang kedelai yang menghasilkan beberapa nutrisi penting bagi wanita hamil seperti protein, vitamin B yang berkualitas tinggi.


5. Buah-buahan

Kredit: alpukatmentegasuper14

Didalam buah-buahan terkandung banyak nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, seperti Vitamin-vitamin, protein, kalori, lemak, serat dan lain sebagainyanya. Beberapa jenis buah-buahan yang sangat baik dikonsumsi saat ibu hamil terutama pada kehamilan trimester pertama adalah:
  • Jeruk🍊
  • Berry-berrian
  • Alvokat
  • Pisang
  • Apple
  • Kurma


6. Daging tanpa lemak.

Kredit:juliyanti7788

Daging tanpa lemak merupakan sumber protein yang baik bagi kesehatan dan sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh wanita yang sedang hamil, sebab kandungan lemak dan kalorinya lebih rendah. Daging berlemak sangat dihindari oleh sebagian besar orang, akibat dari beberapa kekhawatiran terhadap pengaruh kesehatan tubuh. Dianta daging tanpa lemak adalah daging ayam tanpa kulit, daging Unggas, kalkun, daging merah dan daging babi yang sudah dibuang lemaknya. Manfaat daging tanpa lemak bagi wanita hamil adalah daging tanpa lemak mengandung nutrisi seperti selenium yang memiliki sifat antioksidan yang dapat membantu mencegah radikal bebas dari kerusakan sel, Kolin membantu fungsi saraf pada janin, selenium, membantu sistem kekebalan tubuh dan vitamin-vitamin lain yang dapat mencegah cacat pada bayi.


7. Telur matang.

Kredit : ayu_dyah_satyawati

Mengapa harus telur matang? Karena telur matang memberikan jaminan lebih baik bagi kesehatan terutama bagi janin didalam kandungan wanita hamil. Telur mentah atau setengah matang tidak baik dikonsumsi karena bisa saja kuman salmonella bisa masuk melalui retakan di cangkang telor yang bisa menggandakan bakteri sehingga dapat menimbulkan sakit pada perut sehingga mengganggu perkembangan janin.

Dalam satu butir telur mengandung  banyak nutisi seperti Vitamin-vitamin (A, B12, D, E, K), protein, kolin, kalsium, zat besi, karatenoit lutein dan asam folat.


8. Yogurt Yunani

Kredit:kelseynaraya

Yogurt merupakan produk susu yang difermentasi menjadi makanan kesehatan yang mengandung probiotik. Prebiotik disini berfungsi untuk menjaga keseimbangan bakteri yang diperlukan untuk sistem percernaan yang sehat, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, memperpendek tingkat keparahan penyakit, dan mengurangi eksim pada bayi.

Memilih yogurt Yunani untuk makanan sehat wanita hamil adalah karena teksturnya lebih lembut dan proteinnya lebih tinggi bahkan dua kali lipat dari yoghurt biasa. Yogurt merupakan sumber protein, vitamin, kalsium, kalium dan mineral. Untuk penyajian dan cara makannya bisa dilakukan dengan mengkonsumsi langsung,  atau dijadikan topping kue, atau ditaburi diatas atau dicampur diatas buah.



9. Sereal

Kredit:primaberita

Sereal merupakan salah satu yang berasal dari gandum yang sampai sekarang menjadi salah satu sarapan yang terkenal dan baik bagi kesehatan. Bahkan banyak jenis roti yang berbahan dasar gandum dan selain itu mulai dari makanan bayi sampai lansia. 

Itu makanan yang  dianjurkan untuk dikonsumsi saat hamil, sedangkan beberapa makanan yang dilarang saat hamil dan sebaiknya kamu hindari adalah makanan dibawah ini:

1. Daging setengah matang.

2. Ikan mentah / setengah matang

3. Keju yang tidak dipasteurisasi

4. Makanan yang diasapi

5. Sosis

6. Kecambah


Saat seorang wanita hamil, kebutuhan nutrisi akan lebih banyak dan lebih lengkap serta lebih bijak dalam memilih jenis makanan untuk kesehatan dan perkembangan buah hati yang sehat. Maka untuk itu perlu memperhatikan cakupan gizi yang sangat diperlukan dan mengandung semua jenis nutrisi ibu hamil. Nutrisi dibawah ini harus ada di setiap makanan yang dimakan.

1. Asam folat


Asam folat sangat berguna bagi ibu hamil karena dapat membantu pembentukan sel darah merah. Wanita hamil terutama di usia kehamilan trimester pertama, asam folat berfungsi sekali untuk mengurangi resiko cacat  pada saat pembentukan tabung saraf dan spina bipida pada perkembangan janin.

Asam folat salah satu nutrisi yang paling terkenal dan sangat penting bagi kehamilan, Salah satu alasannya karena asam folat berperan dalam pertumbuhan dan pembentukan organ-organ penting pada janin terutama pada kehamilan trimester pertama. Beberapa kegunaan asam folat bagi kehamilan adalah:


  1. Mencegah dan menghindari kecacatan pada bayi.
  2. Membantu meningkatkan pembentukan otak dan sistem saraf pada bayi. 
  3. Pembentukan dan pengembangan sumsum tulang belakang.

Makanan yang banyak mengandung asam folat bersumber dari beberapa sumber makanan, seperti:

  • Kacang dan biji-bijian
  • Alvokat
  • Strawberry
  • Bayam
  • Asparagus
  • Kubis
  • Brokoli
  • Jengkol
  • Produk wholemeal

Selain dari yang sudah saya sebutkan di atas, asam folat juga  dapat diperoleh dari beberapa suplemen makanan atau produk kemasan yang diperjualbelikan. Anda bisa beli di supermarket atau langsung ke bukalapak untuk memperoleh tambahan nutisi asam folat.


Selain jenis makanan yang baik untuk wanita hamil, beberapa nutrisi yang diperlukan wanita hamil di trimester pertama adalah



2. Kalsium /kalsium


Kabar menggembirakan bagi anda yang sedang dalam menjalani kehamilan. Saat anda hamil maka tubuh anda lebih baik menyerap calsium ketimbang saat tidak hamil. Untuk memenuhi calsium sehari anda membutuhkan susu 1000 mg / hari. Kendati demikian, mengkonsumsi makanan sehat saat hamil harus tetap diperhatikan supaya anda dan bayi dalam kandungan tetap sehat.
Beberapa makanan yang menghasilkan kalsium bersumber dari:

  • Brokoli
  • Kubis
  • Almond
  • Yogurt Yunani


3. Omega 3


Merupakan nutrisi yang sangat dibutuhkan bagi perkembangan otak pada janin didalam kandungan ibu hamil terutama pada trimester pertama dan saat menyusui. Omega 3 mengandung 2 komponen yang penting bagi struktural otak manusia yaitu EFA dan DHA dan itulah sebabnya omega 3 memainkan peran  besar dalam fungsi otak pada bayi dan anak kecil. Ibu hamil harus memperhatikan makanan yang mengandung cukup omega 3 untuk bayi yang sehat. Omega 3 dapat dihasilkan dari ikan berminyak (ikan salmon, tuna, markerel dan Trout),  kacang dan biji-bijian (biji chia, biji kenari, biji rami), dari sayuran (brokoli, bayam, kembang kol), telur ayam, hewani.



4. Vitamin


Semua manusia membutuhkan vitamin bagi tubuhnya, untuk memperoleh tubuh yang sehat dan fit. Itu sebabnya setiap orang yang menginginkan tubuhnya tetap sehat selalu berusaha mencari dan mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin lengkap karena hanya dalam makanan yang mengandung vitamin tubuh manusia dapat mensintetis dengan cukup baik dan cepat untuk memenuhi kebutuhan tubuh sehari-hari.  7 jenis  buah yang menjadi sumber vitamin C bagi tubuh, anda bisa pilih sesuai favorit kamu. Kekurangan vitamin pada wanita hamil dapat mencegah pertumbuhan dan melemahnya bayi yang dikandung dan juga memperburuk kondisi kesehatan bagi ibu hamil itu sendiri. Vitamin banyak bersumber dari telur, daging tanpa lemak, kacang dan biji-bijian, Sayuran dan buah-buahan segar.



5. Protein


Protein diperlukan seluruh tubuh, dari ujung kaki sampai ujung rambut, karena protein berguna untuk membentuk enzim yang menggerakkan reaksi kimia dan hemoglobin yang membawa oksigen dalam darah tubuh manusia. Dan protein yang paling esensial berasal dari makanan yang dimakan setiap hari. Demikian pula halnya dengan wanita hamil setiap harinya harus tercukupi protein karena kebutuhan protein bukan hanya berguna pada tubuhnya tetapi juga bagi bayi dalam kandungan. Memilih sumber protein lengkap akan memastikan ibu hamil mendapatkan semua asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh dan juga bayi dalam kandungan anda karena protein berfungsi sebagai energi yang memberikan reaksi dalam tubuh, metabolisme pertumbuhan dan perbaikan genetik. Protein juga berguna untuk membangun dan membentuk struktur tubuh dan juga otot. Protein bersumber termasuk dari telor, ikan,  daging, susu, kacang dan biji-bijian.



6. Serat


Makanan sehat adalah makanan yang kaya akan serat. Makanan berserat dapat membantu bakteri  dalam usus untuk memproduksi metabolisme tubuh, membuat percernaan dapat mencerna nutrisi dalam makanan tercerna dengan baik didalam usus yang mengarah keberbagai manfaat kesehatan. Serat juga memungkinkan membantu penyerapan nutrisi yang lebih besar, sehingga ibu hamil serta bayi pun akan bertumbuh sehat dengan normal. Serat juga berfungsi untuk mengatasi sembelit dan serat ini terdapat dari sumber makanan dari sayur-sayuran, biji-bijian dan buah-buahan ( pisang, pir, apel, strowbery, alpokat)




8 Zat besi


Ibu hamil sangat membutuhkan semua jenis nutrisi yang dibutuhkan bagi kehamilan serta perkembangan janin tak terkecuali jenis makanan yang mengandung zat besi. Kekurangan zat besi dapat mengakibatkan anemia. wanita hamil jika menderita anemia dapat meningkatkan kemungkinan  bayi lahir prematur dengan berat badan kecil. Bayi-bayi yang kekurangn zat besi memiliki lebih banyak mengalami masalah kesehatan atau meninggal lebih sering pada tahun pertama kehidupan daripada bayi yang lahir belum cukup bulan. Pemenuhan zat besi bersumber dari 2 jenis makanan : yang bersumber dari hewani yang dikenal dengan sebagai  zat besi haem dan zat besi dari sumber nabati atau yang disebut non haem atau bisa ditemukan pada sumber makanan seperti telur, daging, kacang dan biji-bijian atau 7 pilihan makanan sehat yang bisa membantu ibu hamil untuk mendapatkan zat besi bisa anda lihat disini👈.




9. Magnesium


Magnesium berfungi untuk pembentukan tulang, otot, dan jaringan lunak non otot. Magnesium hampir ada di setiap makanan sereal gandum utuh, kacang-kacangan (kacang mete, kacang kedele, kacang almond), coklat,  biji-bijian (biji labu, biji bunga matahari, biji wijen) dan sayuran hijau gelap, dan bayam merupakan sumber magnesium yang banyak, daging dan ikan. Kekurangan magnesium dapat menimbulkan kelainan elektrokardiografi serta distritmia jantung yang dapat dimanifestasikan oleh denyut jantung yang cepat atau mengalami denyut jantung yang tidak teratur.



10. Antioksidan


Sel-sel tubuh manusia selalu diperhadapkan dengan berbagai ancaman tak terkecuali saat anda sedang hamil. Ancaman tersebut dapat merusak sel dan DNA. Sementara ada sel yang dapat diperbaiki tetapi ada juga yang tidak. Disini, antioksidan diperlukan dalam jumlah yang cukup untuk menangkal radikal bebas supaya tidak merusak lebih banyak lagi sel. Fungsi antioksidan adalah melindungi dan mencegah sel-sel dari kerusakan akibat yang ditimbulkan radikal bebas juga sekaligus meningkatkan kekebalan tubuh anda. Untuk mendapatkan makanan sehat yang mengandung antioksidan adalah diantaranya: buah-buahan, sayuran berwarna, biji-bijian dan kacang-kacangan. Antioksidan juga terdapat pada vitamin (A,C,E), betakaroten, Likopen, lutein dan selenium.



Cara Terbaik memilih Makanan sehat untuk ibu hamil Cara Terbaik memilih Makanan sehat untuk ibu hamil Reviewed by Risda Nababan on December 31, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.