Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh-Contoh Surat Perjanjian Terlengkap

Surat Perjanjian adalah surat yang berisi Perjanjian atau kesepakatan antara Pihak pemberi dengan Pihak penerima perjanjian dimana dalam ketentuan terdapat hak dan kewajiban kedua belah pihak yang harus di taati dan dilaksanakan  sesuai kesepakatan yang tertuang dalam isi surat perjanjian tersebut. Dalam prakteknya, surat perjanjian memiliki asas kesepakatan untuk menjalin dan mengikat hubungan kerjasama dengan pihak yang terkait melalui surat perjanjian.

Saat ini Surat perjanjian sudah lazim di gunakan dalam baanyak keperluan mengingat bahwa begitu pentingnya ini dilakukan demi menjaga keamanan dan kenyamanan kedua belak pihak selama menjalin kerjasama dan demi menghindari perbuatan yang melanggar ketentuan yang dapat merugikan pihak-pihak tertentu. Untuk melegalkan setiap tindakan dan perbuatan pihak terkait yang termasuk dalam perjanjian tersebut maka perlu diatur dan menuangkannya dalam sebuah surat yang di sebut sebagai surat perjanjian diatas sebagai bukti adanya kesepakatan antara pihak satu dengan pihak lain.


Surat Perjanjian selain sebagai surat kesepakatan juga sebagai sarana mudah dalam penyelesaian masalah karena biasanya dalam isi surat perjanjian tertuang segala hak dan kewajiban pemberi dan penerima  perjanjian dengan orang yang diikat dengan surat tersebut. Apabila satu pihak berkeinginan mencoba membuat kecurangan maka penyelesaiannya dapat di lakukan merujuk kepada isi surat perjanjian tersebut.

Artikel terkait : Contoh Surat Kuasa Paling Rekomendasi



Surat perjanjian merujuk pada fungsinya, terdiri dari beberapa jenis:

  1. Surat Perjanjian Sewa menyewa
  2. Surat Perjanjian Kerjasama
  3. Surat Perjanjian Kontrak Kerja
  4. Surat Perjanjian Hutang Piutang
  5. Surat Perjanjian Masa Percobaan 
  6. Surat Perjanjian Jual Beli
  7. Dll
Untuk keabsahan sebuah Surat perjanjian harus meliputi beberapa aspek diantaranya adalah :


  1. Obyek dari surat perjanjian yang meliputi pribadi maupun coorporate yang terlibat dalam sebuah perjanjian atau kesepakatan tersebut.  Dalam hal ini objek perjanjian tersebut di sebutkan pemberi sebagai PIHAK PERTAMA dan penerima disebut sebagau  PIHAK KEDUA
  2. Isi dari surat perjanjian. Isi yang berupa kesepakatan, ketentuan yang meliputi hak dan kewajiban kedua belah pihak (antara pemberi dan penerima perjanjian) 
  3. Materai. Surat perjanjian merupakan sebuah dokumen penting bagi kedua belah pihak, maka dari itu penggunaan materai sebagai bukti keabsahan dokumen tersebut di mata hukum sangat dibutuhkan. Untuk tarif Materai yang di gunakan untuk surat perjanjian dan surat - surat lainnya telah diatur dalam Undang-undang materai. Untuk selengkapnya anda bisa membacanya di blog ini.
  4. Tanda tangan kedua belah pihak. Sebuah surat perjanjian dianggap berlaku atau mulai berlaku apabila kedua belah pihak telah menandatangani surat perjanjian tersebut diatas materai. Setelah membaca dan memahami semua isi yang berkaitan dengan ketentuan-ketentuan yang ada di dalam isi surat perjanjian tersebut, maka kedua belah pihak membubuhkan tanda tangan di bagian yang telah tersedia sebagai pihak terkait.


Untuk pembaca setia blog ini saya telah menyiapkan Contoh-contoh surat perjanjian sesuai fungsinya yang terbaik dan terlengkap untuk anda.  Untuk itu silahkan anda baca sampai habis dan bila anda membutuhkan contoh-contoh surat sebagai referensi, anda bisa download karena saya sajikan dalam format Pdf. 

Oke.... 
Saya tak perlu berlama-lama, langsung saja pada contoh-contoh surat perjanjiannya :



#1. CONTOH SURAT PERJANJIAN SEWA MENYEWA


Sebenarnya ada banyak surat perjanjian yang berhubungan dengan Perjanjian sewa menyewa diantanya adalah:

✅ Surat perjanjian sewa gedung
✅Surat Perjanjian sewa kendaraan
✅ Surat perjanjian Rumah Tinggal
✅dll

Berikut Contoh Surat Perjanjian Sewa Menyewa gedung dan Rumah Tinggal. 








#2. SURAT PERJANJIAN KONTRAK RUMAH









#3. CONTOH SURAT PERJANJIAN KERJASAMA ANTARA PERUSAHAAN DENGAN APOTEKER


Surat kerjasama perusahaan dengan apoteker adalah surat kerjasama yang di buat oleh pihak perusahaan kepada apoteker dimana dalam Perjanjian kerjasama diatur tugas-tugas pokok dan ketentuan yang harus di jalankan selama menjabat sebagai Apoteker dalam perusahaan tersebut.




Berikut Contoh Surat Perjanjian antara Perusahaan Dengan Apoteker









#4. CONTOH SURAT PEEJANJIAN KERJASAMA PROMOSI


Surat Perjanjian kerjasama Promosi adalah surat perjanjian antara Supplier, distributor, custumer. Perjanjian meliputi ketentuan-ktentuan pokok yang diatur dalam kerjasama tersebut berupa pemberian diskon,  bonus,  black bonus,  hadiah,  voucher,  sewa tempat dll.




Berikut contoh Surat Perjanjian Kerjasama Promosi







#5. CONTOH SURAT PERJANJIAN MASA PERCOBAAN KERJA.









#5(b). Surat Perjanjian Masa Percobaan Kerja








Itulah beberapa contoh-contoh Surat Perjanjian yang dapat dijadikan referensi. semoga bermanfaat

Post a Comment for "Contoh-Contoh Surat Perjanjian Terlengkap"