Kopi Terbaik Itu Adanya Di Siborong-borong. Kopi Dengan Cita Rasa Istimewa.

Kopi pilihan terbaik

Biarkan saya menuliskan sebuah sejarah untuk kota kita. Mumpung sedang teringat dengan komoditas satu ini, kopi Siborong-borong, yang memberikan sematan bergengsi dikalangan dunia dengan kopi terbaiknya. Kopi terbaik, itu adanya di Siborong-borong. Ini penting, supaya se Indonesia tahu, bahwa di luar negeri Kopi Siborong-borong telah dikenal dan di akui merupakan salah satu kopi terbaik dari Indonesia. Semoga dengan tulisan ini sedikit saja kiranya dapat membantu memperbaiki kehidupan ekonomi masyarakat disana melalui budidaya tanaman kopi. Sehingga produk unggulan ini semakin banyak dikenal dan semakin diburu oleh kota lain bahkan bangsa lain.


Memang, Siborong-borong tidak begitu terkenal jika dibandingkan dengan kota-kota terkenal lainnya di Indonesia, semisal kota-kota pulau di Jawa. Berpuluh-puluh tahun, Siborong-borong seperti kota mati dengan wilayah yang tanpa telihat dengan adanya pembangunan yang signifikan. Pelosok-pelosok jarang bahkan sering tidak terjamah sama sekali. Jalan-jalan yang selama puluhan tahun tetap saja sama. Apakah ini harus dimaklumi karena pemerintahan yang selalu disorot dari segi kinerjanya  hanya yang dekat dan berpusat di ibukota saja? Bukan bapak kota yang pilu, tapi anak tiri kota yang walau punya nama tapi sering dilupakan ๐Ÿ˜Š. Kota-kota kecil dan terpencil selalu luput dari perhatian. Jadi eksistensi hanya berlaku selama ini di pulau Jawa dan sekitarnya. Meskipun sumatera Utara sebagai propinsi terbesar ketiga waktu itu namun, dampak pembangunan tidak selalu merata.
Tetapi kini dalam gelap terbitlah terang. Siborong-borong dikenal karena Kopinya yang punya kualitas dan dilirik oleh mancanegara. Dan saya yakin ada peran serta dari Pemda setempat.

Kopi kita
Kopi siborong-borong di mancanegara


Perkembangan dan pertumbuhan kota mulai terlihat saat adanya pembangunan lapangan/ bandara Silangit yang terletak tidak jauh dari terminal siborong-borong. Terminal siborong-borong adalah salah satu pusat kota di kecamatan ini dan merupakan salah satu terminal terbesar di Tapanuli Utara. Sekaligus menjadi salah satu pusat perdagangan terbesar dengan julukan "Desa na walu"


Siborong-borong bukan hanya dikenal dengan Kopinya yang nikmat tetapi juga dikenal sebagai pusat dagang untuk semua daerah "Desa nawualu" dan juga merupakan akses antar propinsi jalan lintas Sumatera (Jalinsum). Juga merupakan salah satu daerah penghasil sayur mayur sesuai dengan kondisi alamnya yang dingin. Kultur tanahnya yang subur dan dingin yang memungkinkan sangat cocok untuk bertanam dan segala jenis sayuran tumbuh subur di sini. Itulah Siborong-borong dijuluki sebagai penghasil sayur mayur termasuk sayur kol yang pernah disajikan oleh namboru Panjaitan saat si babang jalan-jalan dan berkunjung ke Siborong-borong ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚.


Sayangnya, Namboru Panjaitan kelupaan menyajikan minuman terbaiknya, yakni kopi Siborong-borong yang terkenal di mancanegara tersebut. Mungkin Namboru Panjaitan lagi kehabisan stok kopi kali๐Ÿ˜œ. Tapi okelah, ya namanya juga mungkin lupa, jadi saya ingatkan lagi disini. Lain kali kasih kopi ya Namboru kalau si abang berkunjung ke Siborong-borong lagi.


Jenis-jenis Kopi Dari Siborong-borong.

Budidaya kopi
Tanaman kopi Robusta


Sebelum kopi "Sigarar utang" (pembayar utang) menjajal Siborong-borong. Kopi disebut " Sigarar Utang" karena umurnya lebih pendek dan lebih cepat panen dari jenis kopi robusta dan Arabika. Hanya ada 2 jenis kopi yang merajai, yaitu: kopi robusta dan kopi arabica.
Beda dari kedua varian ini yang paling mencolok adalah :

a. ukuran bijinya. Kopi Arabika ukurannya lebih besar dari ukuran kopi robusta
b. Ukuran pohonnya.
Pohon kopi Arabika sebenarnya lebih tinggi dari pada kopi robusta. Kopi Arabika dominan meningginya  keatas sedangkan kopi robusta melebarkan ranting-rantingnya kesamping. Itu ciri-ciri dan perbedaan kedua jenis kopi ini yang paling kasat mata.



Enaknya yang mana?
Kopi jenis robusta lebih banyak di budidayakan, mungkin karena perawatannya lebih mudah dan lebih menjanjikan. Sekali berbunga dan menghasilkan biji, itu tungkal kopi padat dan sarat dengan biji kopi. Genggaman tangan dewasa tidak cukup untuk meremas kopinya sekaligus saat panen.


Biji kopi yang sudah masak berwarna merah kinclong sampai keunguan dan rasanya manis. Rasa manis dari kopi ini yang membuat musang, tupai๐Ÿฟ️ dan luwak suka menjelajahi kebun kopi warga dan memakan kopi-kopi yang sudah matang dipohon. Kalau bubuk kopi, luwak tidak mau. Namun manusia minum kopi hasil olahan luwak sebaliknya luwak tidak makan dan minum olahan manusia, hehehehe...


Citarasa kopi siborong-borong.

Jika harus membandingkan, kopi robusta siborong-borong memiliki citarasa yang berbeda. Bagi penikmat kopi, bisa dengan mudah mengenali dan membuat perbandingan serta perbedaan dengan kopi-kopi Robusta dari berbagai Nusantara lainnya. Mungkin dengan alasan itu juga para barista dan pegiat kopi memanfaatkan keunggulan kopi Siborong-borong menjadi primadona dimeja sajian mereka.


Meskipun tidak/belum banyak yang mengakui kenikmatan dan keistimewaan citarasa kopi Siborong-borong, tetapi disisi lain kopi asal Siborong-borong telah menunjukkan jati dirinya dikancah internasional. Kopi Siborong-borong sudah membawa nama harum namanya dan juga kota atau daerah asalnya. Kurangnya perhatian pemerintah dalam memobilisasi masyarakat di daerah untuk memperkenalkan kopi ini sebagai produk unggulan, sehingga kopi siborong-borong yang sudah bertaring akhirnya seperti macan ompong. Tidak banyak yang tahu, bahwa namanya berjaya di luar negeri yang seharusnya dapat meningkatkan pendapatan daerah sekaligus memajukan daerah asalnya tersebut. Kopi ini bernilai jual tinggi karena nama dan kualitasnya sudah mendunia dan juga sudah diakui menjadi salah satu kopi unggulan yang berstandar premium.


Dari kualitas tidak diragukan hanya saja pengelolaan masih tradisional.  Pun demikian, Kopi ini telah membantu perekonomian penduduk setempat. Di kalangannya, kopi ini sedikit banyak sudah mengantarkan putra daerahnya kepada identitasnya tetapi kebanyakan melupakan juga komoditasnya yang sudah membantunya dan harusnya mengangkatnya supaya semakin terkenal..


Keunggulan kopi Siborong-borong.

Kualitas boleh diadu dengan kopi kopi lain di Indonesia. Terasa nikmat saat disajikan menjadi segelas kopi, hmmmm. Dan jika anda makan pun kopinya dengan dicampur gula, ke-khas-annya tetap terasa. Dan memang kopi siborong-borong unggul dari rasa sampai kualitas.


Bagi yang tidak terbiasa dengan kopi Siborong-borong, atau biasanya minum kopi sachet-an, jangan terlalu banyak porsi nya. Caffein dalam kopi bubuk siborong-borong tergolong tinggi. Bila minum banyak dan Kopinya kental, zat caffein yang terdapat dalam bubuk kopi ini dapat menyebabkan jantung anda tidak stabil dan berdebar kencang. Kayak anda ketemu mantan gitu!


Menurut pengalaman penulis pribadi, setelah mengkonsumsi kopi ini, jantung pun ikut merasakan namun bukan nikmatnya, tapi debarannya akibat caffein yang terkandung dalam bubuk kopi siborong-borong ini. Kafein dalam kopi ini meningkatkan kerja jantung sehingga setelah meminumnya, jantung pun berdebar-debar. Seperti lagu dewa 19 "setiap ada kamu (kopi) mengapa jantungku berdebar lebih kencang seperti genderang mau perang. Ingat saja itu.. Mungkin setelah minum, jantung anda berdebar kencang, dan anda tidak sadar apa penyebabnya, maka disini diberitahukan efek dari minum kopi Siborong-borong akan meningkatkan jantung akan berdebar-debar.


Manfaat dari kopi Siborong-borong.

Sebagai pekerja keras, karena warga setempat berprofesi sebagai petani ditambah dengan suhu udara yang dingin, kopi Siborong-borong menjadi kebutuhan pokok dan mendasar lagi. Kebiasaan masyarakat Indonesia, sambil nongki-nongki alias nongkrong sambil menikmati segelas kopi panas menambah semangat untuk berlama-lama di warung kopi.
Semakin panjang cerita, semakin banyak pula gelas-gelas yang kosong.

Begitu juga kala mereka sedang berladang. Kopi adalah kebutuhan permanen diladang untuk menyelesaikan sisa kerjaan hingga tuntas. Tanpa kopi Siborong-borong mereka akan loyo. Makan nasi adalah kekuatan dan kopi adalah stamina. Klop 3 in 1 and 1 in 3. (Makan nasi +kopi + rokok) afdol rasanya.



Pernah gak, pas kerja tiba-tiba ngantuk? Tandanya mau minta dibuatin kopi. Dalam kopi terdapat zat penghilang rasa kantuk seketika. Sebab didalam kopi terdapat juga caffein yang memacu tubuh dan organ lainnya bekerja. Nah disamping itu ada fungsi-fungsi lain dari kopi.

Dari Penelitian yang melibatkan para ahli dari university of Edinburgh mencatat, kopi yang dipanggang merupakan campuran kompleks lebih dari seribu senyawa bioaktif. Beberapa senyawa memiliki beberapa potensi terapeutik antioksidan, anti-imflamasi, antifibrotik, atau efek anti kanker.

Hasil itu didapat setelah menggabungkan penemuan lebih dari 201 hasil study tentang konsumsi kopi. Ilmuwan menemukan beberapa manfaat besar dari kopi bagi masalah Penyakit :

a. Penyakit jantung.
b. Mengurangi resiko terkena penyakit kardiovaskular.
c. Mengurangi kemungkinan kematian akibat kardiovaskular.
d. Mengurangi resiko kanker hati dan kanker usus.
e. Peminum kopi juga lebih rendah kemungkinan terkena resiko penyakit Parkinson dan alzheimer.
f. Mengurangi gangguan fungsi otak
g. Mengurangi resiko penyakit diabetes
h. Menghindari depresi. Karena hati dan pikiran ini perlu dijaga maka menikmati segelas kopi dapat meluruskan pikiran yang bengkok-bengkok supaya tidak jadi stres dan lama-lama jadi gila.



Starbucks adalah salah satu tempat mendaratnya kopi siborong-borong?

Kompas.com


Sebuah situs menyebutkan: kopi siborong-borong terbukti memiliki kualitas premium. Menjadikan kopi Siborong-borong yang kurang terkenal jadi dikenal dan naik kelas. Tidak lagi hanya bercokol di warung-warung kopi yang biasa berada di kaki lima, tetapi sudah menjajal cafe dan restoran mewah. Sebut saja prancise bernama Starbucks. Akhirnya kopi Siborong-borong dilirik oleh restoran Starbucks.


Wajar saja jika prancise asal Amerika ini melirik kopi asal Siborong-borong ini, mengingat kualitas yang disuguhkan tidak perlu diragukan. Sebagai kualitas terbaik, kopi Siborong-borong berhak menduduki peringkat teratas kopi terbaik Indonesia. Ini sebuah anugerah yang harus di syukuri dan terus dijaga agar komoditas ini tetap terjaga dan kualitas tetap dipertahankan. Jangan lupa sesekali dipromosikan supaya semakin banyak yang tahu bahwa daerah penghasil kopi sebagai kecamatan yang ibukotanya Siborong-borong punya produk unggulan supaya semakin dikenal didalam dan luar negeri.


Siborong-borong sudah menjadi salah satu lalu lintas pariwisata dengan adanya Bandara Silangit yang melayani pengunjung baik domestik maupun mancanegara. Kopi Siborong-borong bisa dijadikan salah satu oleh-oleh terbaik bagi pengunjung yang datang berkunjung atau sekilas lewat saja.  Dengan demikian dapat meningkatkan pertumbuhan perekonomian penduduk setempat.


Salam dari Putri Siborong-borong.



Kopi Terbaik Itu Adanya Di Siborong-borong. Kopi Dengan Cita Rasa Istimewa. Kopi Terbaik Itu Adanya Di Siborong-borong. Kopi Dengan Cita Rasa Istimewa. Reviewed by Risda Nababan on May 11, 2020 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.