Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengatasi Air Sumur Kuning Dan Berkarat Dalam Memenuhi Kebutuhan Air Bersih

Ilustrasi // air berkarat

Air adalah kebutuhan yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Begitu lihat air dalam rumah berkarat, keruh, lesu, malas rasanya. Air bersih itu seperti pompa semangat yang dapat menggairahkan hati untuk melakukan ini dan itu. Oleh sebab itu air harus dipastikan selalu tersedia dalam jumlah yang banyak dan tentunya jernih. Tetapi air bersih tidak selalu tersedia di semua tempat. Contohnya, Banyak perumahan yang kita tempati atau beli tidak mendukung ketersediaan air bersih. Sebaliknya karena kultur tanahnya yang jelek atau rawa, air sumurnya juga berkarat. Apa yang harus anda lakukan untuk mengatasi air sumur berkarat kebutuhan air bersih terpenuhi?

Sangat menyebalkan jika rumah tinggal atau tempat yang kita kunjungi tidak mendapat sarana air bersih dari sumber air yang layak. Hal ini disebabkan oleh daerah yang kita tinggali tanahnya merah dan daerah timbunan. Karena biasanya, daerah timbunan ini adalah tanah berair dan rawa-rawa atau tanah kuning yang sumber airnya pun aslinya memang jelek. Sekalipun kita berusaha dengan berbagai cara untuk mengatasi airnya yang berkarat, tapi kenyataannya sulit. Tapi bagaimana lagi, kita harus putar otak bagaimana cara supaya dapat menggunakan air tersebut atau memilih alternatif lain yang lebih simple sekalipun mengeluarkan merogoh kocek.

Bukan hanya anda, saya pun sempat bingung bagaimana cara mengatasi air sumur yang kuning berkarat ini agar rumah tetap nyaman ditinggali. Secara kan kalau sudah airnya kuning banyak yang harus dipikirkan. Bagaimana mencuci pakaian, bagaimana dengan mandi dan masak. Itu saja dulu sudah sangat membuat pusing. Ditambah lagi misalnya kayak saya ibu-ibu yang peduli dengan kulit, kuku, gigi, kalau mandi pakai air sumur berkarat bisa kuning gigi, kuku kuning walau tanpa kutex atau daun pacar. Kulit juga akan gelap. Wah rasanya sulit bangat hidup ini... Tubuh bisa tidak karuan ini.


Berhubung daerah kami air sumurnya kuning dan berkarat, maka saya buat artikel ini supaya kita bisa saling berbagi ide dan inspirasi. Kalau kegalauan banyak orang terutama yang tinggal didekat rawa-rawa atau yang sempat membeli perumahan dengan kondisi air sumur berkarat, tips ini cocok buat solusinya. Ibaratnya banyak jalan menuju Roma.

Tips cara mengatasi air sumur berkarat biar tetap bisa melakukan kegiatan dan aktifitas rumah dengan air bersih, lakukan cara ini:


1. Perdalam sumur galian supaya dapat sumber mata air yang lebih bersih

Sumur yang dangkal biasanya akan mendapat sumber mata air yang tidak jauh dari permukaannya. Kalau biasanya air yang masuk kedalam sumur hanya berasal dari air yang bisa kita lihat, air rawa maka air didalam sumur tidak akan mengubah airnya menjadi lebih baik dan lebih bersih. Pasti orang akan menyarankan untuk memperdalam dulu sumur supaya air yang masuk pun yang kemungkinan air bawah tanahnya lebih baik, akan memperbaiki kondisi air dalam sumur.

Mungkin tidak mengubah kondisi sumur secara mutlak jadi jernih tetapi kekentalan karat air akan berkurang sehingga penyaringan pun lebih mudah dan lebih ringan di lakukan.

Lalu ada yang bilang: tuangkan campuran semen dan pasir kedalam sumur supaya airnya bersih. Saya belum membuktikan apakah cara ini efektif untuk mengatasi air berkarat atau tidak. Tetapi tidak ada salahnya mencoba pengalaman orang lain sebagai pembuktian siapa tahu memang benar.



2. Buat penyaring air 

Ada 2 macam tindakan penyaringan yang bisa kita lakukan sebagai cara mengatasi air sumur berkarat.

A. Penyaringan dengan cara tradisional.
Cara ini tidak membutuhkan dana besar karena peralatannya banyak tersedia disekitar rumah atau ditempat yang yang dekat dengan rumah. Bagi yang tidak memiliki banget besar cara ini menjadi pilihan terbaik sebagai solusi mengatasi air berkarat ini.

Peralatan yang dibutuhkan adalah:
- Ember
- Ijuk
- Pasir
- Karung
- coral

Caran membuat saringan tradisional:

1. Buat lobang pada bagian samping ember untuk saluran kepenampungan air bersih dari penyaringan

2. Masukkan karung pada posisi bawah ember sebagai saringan supaya pasir-pasir tidak keluar saat air keluar dari lobang ember

3. Masukkan ijuk dan pasir bila ada masukkan juga batu-batuan atau koral untuk memberi pori-pori pada pasir. Gunanya supaya anda tidak terlalu sering membersihkan saringan. Karat dalam air yang ada dalam penyaringan akan mengental dan menutupi jalannya air kepenampungan. Batuan ini bisa memberi celah pada air untuk tetap bisa keluar.

4. Sekarang anda siap gunakan saringan ini dirumah.


B. Penyaringan Modern.
Untuk penyaringan air modern sebenarnya banyak dijual hanya saja dana juga lumayan besar. Sebab kebanyakan untuk yang baru merintis rumah baru, yang menempati rumah baru, biasanya saat pindahan banyak makan biaya. Untuk memikirkan beli penyaringan modern untuk sementara di tunda dulu. Fokus dana-dananya kepada kebutuhan yang sifatnya urgent. Itu dapat dimaklumi karena membeli penyaringan modern yang membutuhkan dana besar.


Penyaringan air berkarat modern tujuannya sama untuk mendapatkan air bersih. Banyak rumah-rumah dan perusahaan yang menggunakan penyaringan modern untuk menghilangkan karat pada air. Manalah tahan dalam kondisi air berkarat. Itu sebabnya memilih penyaringan modern untuk kebutuhan air bersih. Beberapa alat ini sudah didukung pembetukan H2O sehingga orang yang menggunakan saringan ini tidak segan-segan minum dari air yang dihasilkan dari penyaringan ini.

Kadang kita yang tidak terbiasa dan tidak familiar dengan penyaringan berteknologi modern sungkan meminum air yang dihasilkan dari saringan modern ini. Lebih memilih air isi ulang depot air minum yang walaupun sama-sama dalam penyaringan.




3. Menyiapkan bak penampungan bawah tanah.

Cara mengatasi air berkarat dengan cara membuat bak penampungan bawah tanah sangat baik dan cocok untuk rumah yang sumber airnya kuning dan berkarat.

Memang butuh modal juga tapi setidaknya cukup bangun sekali manfaatnya seumur hidup. Bak penampungan ini difungsikan untuk menampung air hujan dalam jumlah yang banyak sesuai ukuran bak yang disediakan. Ini sangat bisa meminimalisir penggunaan dan pemrosesan air sumur berkarat.

Saya langsung konek ke rumah orang tua saya yang punya 2 bak penampungan besar dikampung. Kalau hujan turun, bak ini akan terisi dengan air hujan sampai penuh.

Dengan memasang talang air lalu dialirkan melalui pipa kedalam bak tersebut betapa bahagia rasanya dapat air yang melimpah gratis langsung dari Tuhan. Selama tidak musim kemarau, rumah akan selalu penuh stok air dan tanpa keluar dana. Atau setidaknya cuma buat sedot air dari bak. Atau kalau punya tanah pekarangan luas, bisa dibuat disamping rumah atau belakang rumah.



4. Memasang sumur bor

Banyak yang menyarankan untuk membuat subur bor untuk memenuhi kebutuhan air bersih. Tidak ada salahnya karena memang bagus jika bisa dibuatkan. Selain air sumur yang tidak terbatas karena langsung ke air bawah tanah juga tidak terlalu memikirkan bagaimana kalau kemarau datang. Masalahnya apakah semua orang punya cukup dana untuk menggali sumur bor?

Di kampung saya karena ketersediaan air susah karena berlokasi di dataran tinggi maka warga kampung urun rembuk untuk membuat sumur bor demi kemudahan ketersediaan air bersih.  Tapi kalau dikota cara ini agaknya susah dilakukan. Yah harus buat sumur masing-masing.

Namun saat menggali sumur bor tidak selamanya bisa berjalan mulus. Adakalanya yang tidak berhasil mendapatkan sumber mata air yang diharapkan. Ketika sudah dilakukan pengeboran, sumber air tidak didapat. Dengan begitu akan sia-sia sudah menyewa jasa gali sumur kalau ternyata tidak berhasil. Kan tidak mungkin tidak dibayar orang yang sudah bekerja.

Namun itu bagian dari yang terkecil saja. Mudah-mudahan saat ada rencana untuk membuatkan sumur bor sumber airnya bisa didapat sehingga tidak melakukan pekerjaan yang sia-sia dan buang-buang uang.

Membuat sumur bor ini pilihan yang baik bagi mereka yang memiliki masalah dengan air sumur yang berkarat sekaligus yang kekurangan sumber mata air bersih. Membuat sumur bor menjadi salah satu pilihan terbaik.


5. Menyediakan tedmond.

Nah kalau ini lebih kepada pilihan praktis. Hanya perlu kreatif untuk bisa menghemat air yang sudah masuk kedalam tedmond.

Disini saya mau berbagi inspirasi bagaimana memanfaatkan tedmond dan airnya dengan baik.

a. Setelah tedmond tersedia, anda bisa masukkan air tadahan hujan ke dalamnya. Kalau cukup dana belilah tedmond ukuran paling besar. Beda kalau hanya untuk memenuhi kebutuhan 1 ruangan saja. Misalnya untuk kamar mandi ini karena tempatnya sebelah sana dan ada dilantai sana dan sebenarnya air ditempat itu melimpah, yang kecil tidak apa-apa. Karena tinggal sedot-sedot saja dari sumur untuk mengisinya.

Masalahnya ini karena sulitnya air bersih akibat dapatnya sumber mata air berkarat. Tedmond sangat penting untuk mendapatkan air bersih langsung dari langit yang turun ke atap/genteng rumah.

Cara ini seringkali dimanfaatkan warga untuk mendapatkan air bersih sekaligus menghemat biaya. Tidak jauh beda dengan cara membuat bak penampung bawah tanah.  Namun tedmond lebih praktis karena tidak harus upah untuk gali tanah.

Tedmond dapat diletakkan ditempat - tempat strategis yang mudah menyalurkan air ke tempat yang diinginkan karena bisa juga diletakkan ada diatas ketinggian.


b. Sesekali jika hujan tidak turun bisa membeli air dalam jumlah banyak.

Untuk menghemat pengeluaran air bisa diatasi dengan membuat air yang dikeluarkan dalam jumlah yang sedikit.

c. Untuk kamar mandi dan keperluan mandi biar airnya lebih hemat, pasang shower mandi di kamar mandi dan kloset yang tidak harus menggunakan air yang banyak.

Kalau urusan mandi menggunakan shower, tidak sampai 1 ember cukup buat mandi satu kali. Ini penghematan yang luar biasa saya kira.

Untuk keperluan BAB, kloset duduk lebih irit air dari pada kloset jongkok. Itu sebabnya kedua benda ini perbedaan harga sangat signifikan. Kloset duduk lebih mahal karena sebenarnya menyimpan aset yang menguntungkan penggunanya.


Dari harga closet jongkok lebih murah dari kloset duduk. Jauh sekali bedanya. Bagi sebagian orang akan berkata : mahal amat?
Iya memang.
Ini Pengalaman:
Kadang kalau BAB di kloset jongkok, untuk menyiram kotoran tidak cukup 1 ember. Kalau lagi air susah, 1 ember sayang banget, iya kan? Apalagi air boleh beli.

Memang mahal, tapi mahalnya sekali saja, setelah itu bisa hemat air lebih banyak.

Nah setelah membaca ulasan ini pilihan mana yang paling pas dan cocok bagi anda. Anda bisa tentukan dari untung ruginya. Mana yang lebih banyak memberi keuntungan, pilihlah diantaranya.
Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Cara Mengatasi Air Sumur Kuning Dan Berkarat Dalam Memenuhi Kebutuhan Air Bersih"