Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penuhi Panggilan Hatimu - Inspirasi Tanaman Yang Lagi Viral

Tanaman hias yang lagi viral
Monstera Variegata




Tulisan ini terinspirasi dari iklan penuhi panggilan hatimu yang muncul di iklan blog saya, sobat. Beberapa gambar merupakan kegiatan yang lagi viral beberapa tahun belakangan ini. Sontak saya terkesima dan saja langsung konek di jiwa tulis saya untuk menerbitkan dalam artikel kali ini, barangkali bermanfaat bagi pembaca dan menjadi sumber inspirasi baru unik untuk melanjutkannya dirumah.


Judulnya pun unik dan menggugah hati bagi  sesiapa yang selama ini agak bingung menentukan ide dan menetapkan hobi baru namun tetap mengalirkan uang masuk kekantong. Kali ini akan membahas sedikit dari sebuah judul yang menarik serta menantang untuk menggali sebuah pengalaman baru tentang panggilan hatimu. Apa itu yang menjadi panggilan hatimu saat ini? 

Siapa tahu ini yang anda cari dan artikel seperti ini yang bisa membantu melahirkan sebuah ide kreatif baru sehingga dapat melanjutkan  ide baru tersebut dirumah untuk menjadikan ladang berbisnis dan mencari uang tambahan baru.


Sekarang banyak orang yang tidak tahu apa yang harus dikerjakan padahal banyak hal disekitar kita yang lalu lalang mengajar dan mengajak kita untuk melakukan sesuatu yang bermanfaat untuk memenuhi panggilan hati kita atau sekedar memandang pot-pot tetangga yang banyak ditanami tanaman. Nyatanya lebih banyak orang yang enggan untuk terjun atau sekedar melepaskan kemampuannya yang bercokol dalam tubuhnya. Padahal sederhananya apa yang keluar dari keinginan hati bila dikerjakan dalam ketekunan akan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat.


Tidak perlu muluk-muluk, untuk sekedar hobi tidak usah terlalu memikirkan dolar-dolar yang akan masuk ke dompet kita. Segala sesuatu itu ada proses dan masanya. Kita hanya diminta kalau bisa penuhi terlebih dahulu panggilan hatimu atau kerjakan apa yang bisa kamu kerjakan.

Menjalankan panggilan hati, cusss tidak bisa langsung jadi uang. Ada masa masa dimana kita harus melakukan sesuatu sebelum memusingkan berapa dolar atau rupiah yang akan mendatangi kita.


Tahapan-tahapan untuk sebuah panggilan jiwa, tidak serta-merta langsung jadi dan mapan. Sama kayak anak kecil tidak langsung makan nasi. Ada pertumbuhan yang membutuhkan sebuah proses panjang sampai benar-benar bisa mandiri. Begitulah halnya dengan panggilan jiwa.


Banyak hal yang membuat orang tertarik pada suatu hal dan sebenarnya ketertarikan itu sudah sampai di ubun-ubun. Hanya menunggu reaksi untuk mensosialisasikan di kehidupan nyata karena nyatanya reaksi itu besar manfaatnya.

Lanjut ke topik pembahasan kita kali ini, kenapa saya sangat tertarik dengan iklan ini? Baru kita sadar itulah gunanya iklan. Mengajak yang melihat untuk tertarik pada yang kita tawarkan, hehehe.. Bagi sebagian orang ini tidak berarti apa-apa karena bukan panggilan hati atau passion, tapi bagi orang yang panggilannya agak condong akan bilang: aku banget... dan seperti arahnya kesana ini akan sebuah pemandangan unik walau pun sifatnya hanya sekedar lalu.

Iklan ini adalah sebuah panggilan untuk memiliki kreasi sama seperti yang ditawarkan. Ini adalah proyek sederhana, yah bisa dilakukan dalam keisengan sambil lalu atau bagi yang sudah terjun di bidangnya bisa juga menekuni sebagai sebuah usaha dan pekerjaan utama.


Yang namanya berbau hobi, aku adalah orang yang suka mengaplikasikannya. Hobi itu jika dijalankan walaupun ditengah kesibukan yang hanya menyisihkan sedikit waktu, mengambil dari sisa-sisa waktu yang tersisa, tapi bisa asik lho....

Kuncinya asal terus dikerjakan jangan pernah menyerah, lama-lama akan menghasilkan kenikmatan. Pokoknya nikmat saja jika ada yang kita lihat hasil dari sebuah panggilan hati yang bisa saja merujuk kepada hobi kita. Lama-lama tanpa kita sadari, dia pasti akan besar.


Gambar diatas hasil dari ide beberapa orang yang mampu membangunkan orang tertidur untuk berkreasi dan kreatif. Banyak linimasa atau grup yang sukses membuat orang jatuh cinta dan tertarik untuk membuat suatu proyek sampingan dan mereka bisa sukses didalamnya. Sebut saja pecinta hidroponik. Siapa yang tidak kenal dengan tanaman hidroponik?


Tanaman ini menggunakan media tanamnya air. Menurutku keren apalagi yang sudah berpenghasilan. Tertarik saja jika lihat kehijauan di sekitar rumah, manurutku itu tandanya kehidupan dan keasrian ada disekitar rumah itu sebagai lambang adanya harmonisasi. Tak peduli dalam rumah itu hari ini atau kemarin ada pertengkaran disana. Begitu lihat ada tanaman yang terpajang rapi disepanjang tanah kosong dengan pemanfaatan lahan yang baik, saya lihat itu ada kehidupan yang lestari. Apakah anda setuju dengan saya?


Itu perihal bagi saya sebagai panggilan hati yaitu melestarikan tanaman disekitar rumah entah itu tanaman apa. Saya pikir, bagaimana pun kita membangun peradaban, kita tetap terhubung pada alam dan menyatu dengan tumbuhan. Hidup manusia sangat bergantung pada tanah dan tumbuhan. Itulah harmonisasi.

Semenjak saya punya tanaman, saya suka menghabiskan waktu duduk memandangi tanaman tersebut. Lama kelamaan ide ide brilian pun bermunculan ingin buat ini buat itu. Hanya saja modalnya belum siap untuk aplikasi panggilan hati tapi arahnya sudah ada dan siap eksekusi, yah dari yang kecil-kecilan dulu. Yang penting niatnya jalan.

Panggilan hati yang sudah menelurkan bukti itu bisa menenangkan pikiran, teman. Duduk saja memandangi apa yang sudah kamu kerjakan disaat kamu lagi kalut atau banyak pikiran. Kamu bisa sambil berangan-angan disekitar itu dan ujungnya bisa mediasi pada diri sendiri.

Eh, berlama-lama nongkrongi hape kalau tidak lagi jalankan bisnis rasanya gersang. Makanya sekali kali letakkan hape kamu dan luangkan waktu untuk merilis sesuatu yang bermanfaat bagi hati kamu. Bagaimana pun hape kamu tidak bisa menyiram kekeringan dihati kamu, ujung tombaknya adalah bereaksi sesuai panggilan hatimu. Yang dibutuhkan hati kita adalah bergerak maju merespon hati kita, tapi pastikan hati tidak sedang terkontaminasi dengan hal buruk karena jika demikian bisa saja jadi racun kedepannya jika diarahkan dengan hati yang buruk.


Panggilan hati setiap orang pastinya beda-beda. Ini bisa dilihat dari apa yang dikerjakan orang sesuai dengan panggilan hatinya.  Berhasil tidaknya itu bergantung dari pengelolaan semata. Kalau orang bicara takdir, itu mah menurutku hanya mitos semata sebab tidak ada orang yag bekerja atau mengerjakannya tidak berhasil. Pasti berhasil sedikit banyak akan kelihatan hasilnya. Pada prinsipnya banyak yang ditanam banyak pula yang didapat. Orang yang bekerja akan mendapatkan upahnya (hasilnya) jadi boleh mengerjakan apapun yang penting bisa fokus. Pun begitu dengan panggilan hati. Bahkan yang tidak panggilan hati pun dikerjakan tetap ada hasilnya ๐Ÿ˜Š๐Ÿƒ๐Ÿƒ๐ŸŒพ๐ŸŒพ. Kenapa harus panggilan jiwa kalau begitu?

Orang yang bekerja dari hati hasilnya akan beda dengan orang yang hanya ikutan trending saja. Contohkan saja orang yang pilih jurusan sesuai panggilan hatinya dengan orang yang masuk jurusan hanya karena tidak mampu dengan pilihannya atau pilihan orang tuanya. Hasilnya pasti beda. Makanya para orang tua jangan paksakan jurusan anda kepada anak anak. Biarkan anak memilih sesuai panggilan hatinya, jika tidak anak anda sekolah atau kuliahnya akan sekutung-sekutung, tidak maksimal.


Panggilan jiwa dengan harga fantastis.

Tahukah anda apa sekarang tanaman yang lagi viral? Menurut kamu tanaman hias jenis apa yang paling mahal atau yang dibanderol dengan harga fantastis? Monstera Variegata. Tanaman monstera variegata salah satu tanam hias daun yang lagi naik daun dan sedang viral-viralnya. Bahkan saya pun terkejut dengan harga Bunga yang mencapai harga sebuah mobil๐Ÿ˜Š. Orang sekelas saya akan berkata: ahh lebih baik beli yang lain, emas kek, beras apalagi. Atau ada yang berguman, ckckckck mahal amat ya. Gak nyangka ada tanaman semahal itu ๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…, jiwa missqueen sontak bergejolak. 

Monstera variegata
Monstera variegata


Tapi faktanya, hasil panggilan hati bisa berharga berapapun yang bikin mulut bisa monyong dan manyun serasa tidak terima dengan harga segitu. Mau beli sakit rasanya tapi keburu jatuh cinta๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜.


Harga itu bisa dicek di toko online, fantastis bukan? Kalau untuk hiasan bagi strata saya berat, tapi kalau anda punya panggilan hati buat budidaya bisa jadi pohon uang. 

Monstera Variegata
Monstera Variegata

Beli bibit atau anakan yang masih berantakan daunnya, bisa dikelola jadi bagus dan daunnya menjadi rapi tergantung cara anda merawatnya menjadi tanaman yang memikat hati. Disitulah panggilan hati Anda bernilai tinggi dan dibandrol dengan harga fantastis.

Ini baru contoh dari sekian banyak pengalaman yang bisa jadi motivasi. Motivasi lain sebenarnya banyak yang bikin kita ingin terjun kesana. Tapi kalau bagi saya pribadi, motivasi ini bukan hanya sebagai user tetapi lebih yang bisa menghasilkan uang.


Contoh lain, 

Saya belum tahu kalau bunga aster itu harganya lumayan juga lho. Tetangga saya baru beli di penjual bibit bunga harganya memang sekitar 45-50 ribu atau bisa lebih tinggi lagi harganya. Itu per pot dan bunganya sudah jadi, artinya sudah keluar kuncup bunganya. Namun bagiku itu tetap mahal. Saya langsung mikir aja buat beli bibit /benihnya buat disemai. Nah ini nanti dibesarin kalau udah jadi bisa dijual.


Seorang youtuber hidroponik berkata: tanam dulu saja, soal pasar nanti belakang... Apa yang kita tawarkan ke orang lain (pasar) kalau barangnya belum ada?

Perkataan ini tertancap benar dipikiranku. Yang utama dalam segala hal adalah tindakan dan reaksi. Kalau cuma penonton doang mah dapatnya cuma mimpi dan ngiler doang. Seorang yang mau menekuni panggilannya tidak dibuat tidak mendapat apa-apa. 

Sediakan dulu barangnya, nanti kalau sudah ada barangnya, orang bisa tertarik pada pandangan pertama. Jangan tawarkan hawa (ucapan doang) pada pembeli sedang barangnya belum ada.


Memang, orang yang tidak sama panggilan hati dengan orang lain akan sulit menerima apa yang yang kita tawarkan atau kerjakan. Ini dalam hal panggilan hati, kalau kebutuhan, tidak ditawarin juga pasti datang beli. Maka dari itu kita harus selalu punya produk untuk dijual dan inspirasi untuk membuat sesuatu yang baru dan juga unik. Sedikit ikut-ikutan dengan orang yang sudah terlebih dahulu menekuni tidak masalah, tapi kita harus menawarkan sesuatu yang unik dan berbeda supaya orang lain tertarik dengan apa yang kita buat dan hasilkan. Harus ada perpaduan antara pikiran orang lain dengan pikiran kita, jangan semuanya bulat-bulat di copas agar ada merk berbeda.

Tanaman hidroponik

Media tanam hidroponik

Selada hidroponik


Panen tanaman hidroponik


Bagi saya, apa yang tidak laku hari ini? Semua bisa dijual dan menghasilkan uang. Beberapa dari apa yang sudah terlebih dikerjakan oleh para pendahulu ada yang menjadi motivasi dan inspirasi bagi kita. Mungkin saja anda tertarik jadi seorang petani atau profesi apapun, jika itu merupakan panggilan hatimu maka lakukanlah. Suatu waktu kamu akan menikmati hasilnya. Jangan bilang tanganmu panas atau dingin, tidak ada hubungannya. Tidak ada titah yang Mahakuasa bilang tanganmu dingin atau tanganmu panas sehingga jadi alasan buat tidak mau lakukan itu atau ini. Kalau ada usaha dan kerja keras pasti ada hasilnya. Jangan buat Tuhan itu seolah pilih kasih, tidak ada itu, yang ada kita disuruh kerja biar bisa hidup.



Post a Comment for "Penuhi Panggilan Hatimu - Inspirasi Tanaman Yang Lagi Viral "