18 Cara Cerdas Menilai Ciri Karakter Wanita Sejati

Credits : yadimahara
Risdanababan - Perkenalkan nama saya jiwa,  pikiran bergantung pada saya,  sebab didalam jiwa yang sehat terdapat pikiran yang sehat. Cara cerdas menilai ciri karakter wanita dimulai dari jiwa dan pikiran yang sehat.

Pada dinding facebook, saya pernah menulis sebuah artikel singkat yang menyinggung sedikit tentang karakter sebagai perempuan.  Saya tidak pernah bermaksud merendahkan perempuan sebaliknya saya peduli perempuan.  Kepedulian memaksa saya untuk membuat artikel singkat tersebut yang bertujuan supaya sebagai seorang wanita memperhatikan dirinya dan berperilaku layaknya seorang wanita karena Wanita Sejati, Tiang Penopang Bangunan.

Baca juga: ATTITUDE---Belajar kelas Khusus, Bernama Kelas KARAKTER

Karakter wanita sejati harus menonjol karena sebagai wanita harus menjadi penopang dalam keluarga dan negara. Tiang yang rapuh tidak akan sanggup menopang bangunan diatasnya. Demikian pula wanita,  Wanita yang rapuh tidak akan dapat membangun dirinya dan menopang orang yang ada bersama dengannya.
 Tiang yang rapuh tidak akan sanggup menopang bangunan diatasnya.

Karakter wanita berbicara mengenai prinsip, karena karakter yang tampak akan menunjukkan jati diri yang sebenarnya. Karakter yang sesungguhnya bukanlah perilaku yang di buat-buat dengan berusaha menutupi sifat -sifat asli yang dimiliki sehingga terlihat berbeda di hadapan semua orang, melainkan karakter yang lahir dari dalam hati yang meluap melalui tindakan dan perbuatan.


Sama halnya seperti ungkapan ini; apa yang keluar dari mulut adalah luapan dari hati, sehingga apabila ada yang menutupi sifat aslinya entah itu baik maupun buruk, hal itu tidak akan bisa disembunyikan selamanya, tetapi yang asli entah itu disengaja pasti akan keluar dan berkata, ini loh aku yang sebenarnya. Sekalipun memasang slogan tentang dirinya dengan tujuan agar orang yang berhadapan dan mendengarkan bicaranya terkesan  dengan tampilan menarik dan memberikan sinyal pengalaman simpatik, tetapi waktu akan menunjukkan siapa dia sebenarnya.
Inilah cara cerdas cara menilai  wanita berkarakter:


1. Menjadi diri sendiri dan apa adanya

Menjadi diri sendiri dan apa adanya menjadi sebuah karakter yang perlu dipelihara. Ketika menjadi diri sendiri akan membuat hidup lebih bahagia dan enjoy menjalani hidup. Kejujuran diri pada apa yang dimiliki menghindari diri dari kepura-puraan. Sebagai seorang wanita tidak perlu membangun image yang di buat-buat atau yang bersifat editan. Hidup bukanlah sebuah gambar atau photo jepretan dimana sebelum dipajang bisa dilakukan edit ulang supaya terlihat bebih bagus dan lebih keren. sehingga ketika dipajang, Hidup itu real yang bisa dirasakan dan dibaca orang lain bukan  hasil editan dengan sengaja menambah aksen dan pernak-pernik sehingga gambar asli tidak terlihat karena tertutup oleh hasil editan.

2. Tidak melakukan tindakan yang tidak senonoh

Mengenal seseorang bisa dengan mudah, tidak harus mengorek sana-sini, karena banyak hal yang bisa kita baca dan pelajari ketika sedang berhadapan. Misalnya mengenal dari kostum yang di kenakan. atau juga dengan bahasa tubuh. Perempuan sejatinya harus memperhatikan  apa yang dikenakan, ucapan atau perkataan, bahasa tubuh dan tindakan. Menjaga diri dari berbuat sesuatu yang dapat menimbulkan dampak buruk bagi orang lain.  Semua kita tentu tidak setuju jika orang lain terutama lawan jenis memberi penilaian buruk akibat dari tidak bisa menjaga kesusilaan sebagai seorang wanita. Apa yang sering di gaungkan orang bahwa wanita  sebagai objek seksual dan kerap ditudingkan oleh para kaum lelaki mata belang terhadap perempuan seharusnya pandangan dihilangkan. Wanita sebaiknya menghindarkan bahasa tubuh, perkataan dan juga pakaian yang dapat merangsangkan kaum pria untuk melakukan tindakan kejahatan seksual terhadap perempuan.


3. Kuat menghadapi masalah dan sanggup bertahan dengan  ujian

Kaum perempuan jangan pernah memposisikan diri sebagai wanita yang lemah. Meskipun perempuan tidak di karuniakan Tuhan otot yang kekar bin kuat, tetapi secara praktek wanita harus selalu berpikiran bahwa wanita itu kuat. Wanita harus menemukan jurus dalam mencari solusi untuk kelemahan yang dimiliki, karena dengan cara cerdas itu wanita akan kuat saat menghadapi masalah. Wanita yang berkarakter tidak menjadikan dirinya objek kegagalan dalam kelemahan.




4. Peduli orang lain

Wanita di sebut sarat dengan perhatian,  oleh karena itu karakter tersebut harus nampak tatkala ada orang yang memerlukan. Kepedulian kepada orang lain harus bisa dijadikan  sebagai sebuah kebiasaan, responship dan jangan selalu menutup mata. Hukum kehidupan adalah memberi dan menerima, karena pada dasarnya wanita adalah makhluk sosial dimana butuh ditolong dan juga sebaliknya harus menolong.


5. Pintar mengelola uang

Mengelola uang bukanlah suatu yang sulit dan tidak pula mudah. Kesulitan dan kemudahan bergantung pada karakter seseorang itu dalam mengelola dan mengkondisikan uang tersebut. Dalam hal mengelola uang karakter menentukan seperti apakah wanita tersebut dalam membelanjakan uangnya. Ada baiknya sebelum anda menggunakan uang pelajari terlebih dahulu seperti apakah anda bila berhubungan dengan uang.

Keberhasilan dalam mengelola uang bukan bergantung pada seberapa besar uang yang akan di kelola tetapi lebih kepada seberapa bijak dalam menggunakannya.


6. Mandiri

Membangun komitmen yang kuat merupakan sebuah kemandirian. Wanita tidak melulu harus bergantung kepada orang lain, harus memiliki kemampuan baik dalam menyelesaikan masalah pribadi dan tanggung jawab sosial. Sebisa mungkin wanita harus bisa menjadi solusi dan bukan polusi. Menjadi wanita mandiri tidak terjadi dalam satu hari, untuk mendapatkannya tidak lepas dari kerja keras dan usaha yang konsisten terkadang harus melewati tantangan dan rintangan. Wanita sejati harus mampu mengembangkan kemandirian dirinya untuk mencapai sebuah prestise dan kearifan lokal dilingkungan sosial . 


7. Cerdas

Perempuan cerdas adalah perempuan yang mengerti banyak hal, tidak bodoh dan tidak mudah dibodohi oleh orang yang menganggap dirinya hebat dan berpikiran picik. Dizaman sekarang ini banyak wanita yang di berangus dan diseret masuk dalam pencobaan. Apakah di sebabkan karena malas belajar sesuatu atau karena kebodohan, Jangan karena tidak dikaruniai otot sehingga menjadikannya objek yang lemah dan tidak perlu berbuat apa-apa. Jangan jadikan alasan gender kewanitaan sebagai alasan tidak perlu belajar dan mengetahui banyak hal karena terdoktrin dan karena budaya bahwa wanita tempatnya di dapur, itu pikiran primitif abad ribuan tahun lalu yang tidak perlu di bawa-bawa ke abad millenium ini. Wanita harus cerdas, karena wanita memiliki peranan untuk mencerdaskan generasi bangsa.


Keluarga adalah wadah pertama diajarkan materi kehidupan. Oleh karena dari keluargalah berawal budaya yang akan dibawa kedalam lingkungan oleh setiap generasi, dan wanitalah yang menjadi tampuk dari ajaran akal sehat tersebut. Dengan begitu perempuan dituntut harus memiliki kecerdasan intelektual sebagai tempat bermulanya karakter generasi berikutnya.


8. Teguh dalam berpendirian

Wanita bukanlah robot yang harus selalu diarahkan, wanita  memiliki jati diri untuk dieksperikan dalam hidup. Meski demikian ada batasan-batasan dalam berekspresi dan harus tunduk kepada batasan-batasan tersebut.  Teguh dalam berpendirian ini bertujuan agar wanita tidak mudah terbawa arus, tidak mudah bimbang, tidak korban ikut-ikutan trensetter yang dapat merusak tatanan kehidupan tetapi untuk hal yang benar harus berani berbeda dari orang lain meski sendirian.


9. Senang membangun diri sendiri.

Di judul lain di blog ini saya pernah menulis bahwa manusia itu seperti sebuah gadget atau perangkat. Perlu diperbaharui dari waktu kewaktu dari versi lama ke versi terbaru dan lebih baik. Ingat, pembaharuan selalu kepada yang lebih baik bukan kepada kemunduran, karena apabila tidak di upgrade maka pola pikir lama akan terbawa-bawa meski zaman sudah berubah. Ibaratnya Tubuhnya sudah di zaman millenium tapi pola pikirnya tertinggal dizaman kuno. Pada prakteknya pola pikir kuno itu masih banyak dizaman millenium. Banyak hal yang bisa dilakukan untuk membangun diri-sendiri, melalui pelatihan, membuka wawasan, belajar untuk membangun kreativitas. Membatasi diri dapat mempersempit wawasan dan mempersempit ruang gerak.


10. Takut akan Tuhan

Takut akan Tuhan adalah sumber pengetahuan, tetapi orang bodoh menghina didikan. Orang yang berkarakter meletakkan dasar kebenarannya hanya kepada Tuhan. Jadi semua cerminan diri wanita harus bersumber dan fokusnya dari pengajaran Tuhan.


11. Tunduk kepada suami

Dikatakan bahwa suami adalah kepala keluarga, itulah kebenarannya. Wanita sejati jangan pernah berusaha merubah kodrat sebagai penolong dan menjadikan diri sebagai kepala. Meskipun dalam kenyataan mungkin pendapatan istri lebih besar dari pendapatan suami atau istri lebih tinggi titel atau sekolahnya dari suami wanita harus senantiasa menyadari sebagai penolong.


12. Sayang pada keluarga

Keluarga adalah tempat berkumpulnya beberapa anggota keluarga yang memiliki hubungan darah atau kekerabatan.  kehadiran keluarga merupakan awal dari sebuah hubungan interaksi sosial yang perlu di jaga. Sadar atau tidak sadar bahwa kehadiran sebuah keluarga merupakan sebuah anugerah dari Tuhan. Wanita sejati harus menyayangi keluarga melebihi orang lain tidak perduli bagaimana kondisi sebuah keluarga itu di mata anda.


13. Ringan tangan dan suka bekerja keras

Bergurulah kepada semut. Kalimat ini barangkali sudah sering terdengar oleh telinga kita.  Ini ungkapan yang sering ditujukan kepada orang malas supaya bekerja. Semut meski tanpa diperintah dan tidak memiliki pemimpin tetapi selalu bekerja keras untuk menyediakan roti dimusin panas dan mengumpulkan makanan di musin panen.  Bekerja keras nenghingdarkan dari kemiskinan dan kemelaratan. Bekerjalah selama bisa bekerja 


14. Menjaga ucapan bibir

Siapa memelihara mulut dan lidahnya, memelihara diri dari pada kesukaran.  Siapa yang mau mencintai hidup dan mau melihat hari-hari baik , ia harus menjaga lidahnya terhadap yang jahat dan bibirnya terhadap ucapan-ucapan yang menipu.


Pernahkah kita membayangkan bahwa ucapan bisa menghancurkan sebuah Bangsa?  Perkataan yang menyinggung dan menyakitkan bisa seperti bom bahkan lebih dasyat pengaruhnya dari bom Hirosima dan Nagasaki yang pernah terjadi. Ucapan bisa menjadi cambuk bagi diri sendiri apabila tidak berhati-hati dalam menggemakannya.


15. Bertanggung jawab.

Wanita ada bukan tanpa alasan, wanita diberi tugas dan tanggung jawab yang harus di jalankan dengan baik. Perempuan memiliki peranan dalam lingkungan sosial dan negara. Sebab nilai-nilai kehidupan diletakkan dipundak para perempuan sebagai tiang penopang yang harus bertanggungjawab atas seluruh bangunan diatasnya. Apapun peranan yang diemban, harus tahu betul bagaimana ia menjalani dan melaksanakannya. Perempuan harus memahami tanggungjawabnya baik sebagai istri, ibu, pekerja,  bahkan sebagai anak.  Tugas berat perempuan sebagai dasar penopang harus bisa melahirkan generasi yang cemerlang dan berjalan dalam kebenaran.


16. Rendah hati

Tinggi hati mendahului kehancuran, tetapi kerendahan hati mendahului kehormatan. Wanita rendah hati adalah wanita yang secara tidak langsung mengakui bahwa dirinya tidak ada apa-apa tanpa campur tangan Tuhan dan tanpa orang lain.  Dilain sisi kerendahan hati juga merupakan penundukan diri,  takut akan Tuhan, hormat kepada orang tua dan mau mengakui kelebihan orang lain dan menerima kekurangan diri sendiri.Wanita harus bisa menerima kekurangan orang lain dan tidak mengumbar kepada orang lain

17.  Sederhana

Seringkali Perempuan membuat hidupnya menjadi rumit,  padahal  tidak begitu bila mau menjalani secara sederhana.  Sederhana itu lebih baik karena yang pasti tidak mengundang kejahatan pada kita. Yang perlu ditonjolkan pada wanita adalah karakter baik yang dimiliki.  Hidup pasti tenang,  bahagia apabila menjalani secara sederhana.


18.  Menjaga kehormatan

Hal terbaik dalam menjaga kehormatan yaitu dengan menjaga perilaku sehingga tidak nencemarkan diri sendiri, keluarga bahkan juga bangsa. Menjauhi kejahatan, menjauhi segala tindakan yang bisa mengindikasi kepada cemoohan orang. Terkadang perempuan sudah berbuat benar tetapi masih ada orang yang mencari-cari celah.  Nah celah ini yang harus ditutup rapat jangan sampai terlihat orang lain.


Itulah karakter yang dimiliki oleh wanita sejati.




18 Cara Cerdas Menilai Ciri Karakter Wanita Sejati 18 Cara Cerdas Menilai Ciri Karakter Wanita Sejati Reviewed by Risda Nababan on November 04, 2017 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.