Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Surat Peringatan (SP) Karyawan Terlengkap Yang Melanggar Peraturan

Contoh Surat pemberian SP


Surat Peringatan adalah surat yang diberikan kepada oknum untuk memperingatkan yang oleh karena pelanggaran baik peraturan tata tertib perusahaan ataupun standard operasional prosedur yang dapat menimbulkan kerugian bagi perusahaan. Tujuannya untuk meningkatkan kedisiplinan dan memperbaiki kesalahan didalam ruang lingkup perusahaan. Selain surat peringatan ada juga surat teguran yang dalam fungsinya untuk menegur atas kelalaian dalam menjalankan kewajiban sebagai seorang karyawan. Berbeda dengan surat peringatan, dalam surat teguran, dalam memberikan surat teguran disesuaikan kapasitas kesalahan yang dilakukan.


Pemberian surat peringatan ( SP) oleh perusahaan dapat dilihat dari tingkat kesalahan yang diperbuat. Karena tidak semua jenis kesalahan harus diberi sanksi pemberian surat peringatan, bisa hanya berupa surat teguran saja. Dan pemberian Surat peringatan (SP) ditentukan oleh seberapa fatal kesalahan yang sudah dilakukan dan itu yang akan menentukan akan dikasih surat peringatan (SP) keberapa. Pertama, Kedua dan ketiga.

Berikut Contoh Surat Peringatan Karyawan:


surat pemberian sanksi pelanggaran
Contoh SP (surat peringatan)

Contoh surat peringatan (SP) kepada karyawan yang melakukan pelanggaran



SURAT PERINGATAN
                 No :

Surat Peringatan ini dibuat oleh dan perusahaan dan ditujukan kepada :
Nama : Julia Hastuti
ID : 201997
Jabatan : Adminitrasi

Surat peringatan ini diterbitkan berdasarkan kesalahan yang telah saudari Julia Hastuti lakukan :
1. Pelunasan dikurangi, dan atau ditambah tidak sesuai bukti setoran
2. Bukti setor tidak ada, PP tidak ada tiba-tiba ada pelunasan (arsip tidak lengkap).
3. Terdapat bukti setor dan BKM tetapi tidak ada PP-nya.
4. PP tidak ditanda tangani saat pengambilan Faktur

Sebagai posisi jabatan Adminitrasi, saudari Julia sudah seharusnya bersikap teliti dan lebih tegas lagi dalam bekerja dengan mematuhi Standard operasional Prosedur (SOP) Administratif yang berlaku di PT. Sinarkencana Multilestari
Oleh karena itu perusahaan akan memberikan surat peringatan pertama, dalam hal ini bertujuan untuk dapat memberikan arahan serta peringatan kepada saudari Julia  agar mematuhi segala Standard Operasional Prosedur (SOP) di PT. Sinarkencana Multilestari dan tidak melakukan kesalahan lagi yang dapat merugikan perusahaan.

Demikian surat peringatan ini dibuat agar dapat diperhatikan dan ditaati oleh pihak bersangkutan.


                                                                                                             Palembang, 08 September 2018

Penerima SP                            Diketahui                      Pembuat SP



Julia Hastuti                         Merdiansyah               Ingrid Chendana
   ADM                                          Kadepo                       Mgr. Finance


...................................................................................................................................................................


Untuk menertibkan kedisiplinan dan administrasi diperusahan dari karyawan yang tidak peduli tanggung jawab, diperlukan pemberian surat peringatan, karena dengan adanya surat peringatan akan menyadarkan karyawan akan tanggung jawab yang selama ini diabaikan. Misalnya melanggar jam kerja kantor. Jam kerja dimulai jam 8.00 dan berakhir pukul 17.00. Tetapi oleh karyawan sering mengabaikan dan terlambat datang kekantor, maka perusahaan berhak memberikan sanksi Surat Peringatan supaya oleh dengan adanya Surat tersebut karyawan mulai mendisiplinkan diri sesuai jam kantor yang berlaku


Ketika menjalani dan proses sanksi pemberian surat peringatan, karyawan yang dikenakan sanksi tidak boleh melakukan kesalahan-kesalahan yang sama dan yang lain juga. Dalam masa ini, karyawan sedang dievaluasi kinerja dan kedisiplinannya. Bila masa ini karyawan tetap melakukan pelanggaran, perusahaan berhak melakukan sanksi yang lebih keras lagi bahkan sampai kepada pemecatan/ pemutusan hubungan kerja.

Saat karyawan diberikan saksi surat peringatan, karyawan harus tunduk kepada ketentuan dan aturan yang tertera dalam surat tersebut. Dalam surat peringatan, sebelum ditandatangani, karyawan diberikan kesempatan untuk membaca dan memahami apa isi dari surat peringatan tersebut . Setelah itu baru ditandatangani.

Demikianlah sekilas contoh surat Peringatan (SP) karyawan, dan semoga bermanfaat




Post a Comment for "Contoh Surat Peringatan (SP) Karyawan Terlengkap Yang Melanggar Peraturan"