Pengertian seni yang seringkali Dilupakan. Imajinasi Dalam Seni


Lukisan dinding perempuan

Seni adalah aktualisasi yang terlahir dari jiwa seseorang sebagai anugerah dari Tuhan, terlahir sebagai bakat bawaan atau hasil adopsi dari orang lain atau karena ilmu pengetahuan.

Seni dapat dilukiskan lewat instrumen-instrumen yang menghasilkan sebuah karya unik dan pada dasarnya bernilai jual tinggi tergantung bagaimana cara seseorang berimplikasi terhadap seni itu. Bisa saja kelihatan biasa-biasa saja, tapi seni tidak bisa digambarkan dari secara sederhana.

Ada yang suka seni yang ribet, tapi bagi orang lain tidak memiliki makna. Bagi pembuat seni, itulah jiwanya.

Lukisan abstrak

Sebuah keindahan. Ibaratnya saya melihat lukisan abstrak, karena jiwa saya tidak disitu, bisa saja saya mengatakan lukisan itu tidak bermakna atau jelek karena bagi saya hanya terlihat tumpahan cat yang dipoles dengan tambahan warna. Beda dengan yang menyukai yang abstrak, tentu orang tersebut itu suatu penjiwaan yang unik mewakili jiwa pelukis bahkan jiwanya sendiri. Makanya itu ada yang berani tawar harga mahal untuk sebuah lukisan walaupun bagi kita yang tidak bisa memandang sebuah makna disana lalu beyekata lukisan tidak bermakna. Ngapain beli mahal?



Menurut saya, seni itu relatif, keindahan itu relatif. Tergantung kepribadian seseorang. Untuk saya pribadi, jika saya disuruh pilih, lukisan abstrak atau sebiji bunga? Saya akan pilih Sekuntum bunga.

Lukisan bunga tulip


☑️ Disamping itu seni dipengaruhi faktor gender dan juga usia.

πŸ‘‰πŸ»Pria lebih menyukai kalau dia musik, dia ke musik yang lebih keras atau rocker. Mungkin karena jiwanya yang perkasa dan tertantang untuk hal-hal yang menantang.

Tapi kalau dia kayak seni lukis, itu dia, dia pilih yang agak ribet bahkan ribet banget. Misalnya lukisan abstrak atau yang natural. Yang abstrak misalnya, apa coba yang dilihat disitu. Itu karena saya wanita. Coba kalau pria. Bilangnya pasti: bagus ya???
Seni berguna untuk memfasilitasi seseorang untuk kehidupan suatu saat yang berguna bagi kepentingan pribadi atau untuk dipersembahkan  bagi orang lain untuk dinikmati bersama.

πŸ‘‰πŸ» Wanita. Pilihan seni lebih kalem. Sesuai jiwanya yang lembut, lebih memilih yang imajinatif namun terlihat indah.
Lukisan abstrak

Wanita melihat hanya sebuah bagian dari keindahan dan lebih mengena di jiwa. Untuk pemilihan musik pun, tidak jauh-jauh dari jenis musik yang bergenre melankolis.

πŸ‘‰πŸ» Adalagi seni yang merupakan perpaduan imajinasi yang diarahkan oleh iblis. Bukan hanya manusia yang punya seni. Iblis pun punya itu. Seni bisa dilukiskan dengan menggunakan imajinasi manusia yang diarahkan oleh setan dan juga makhluk astral.


Semua jenis seni pasti ada yang melatarbelakangi. Lukisan hantu misalnya, atau lukisan satan pasti ada makhluk astral yang melatarbelakangi. Sekalipun tidak kelihatan, waktu membuat ada imajinasi dari sana.

Kayak musik, kenapa memilih jenis bergenre slow. Karena dilatar belakangi suasana hati. Makanya orang sering bilang "Lukisan ada rohnya"
Pernah enggak lihat sebuah gambar, tiba-tiba merinding.


Dari Seni bisa menularkan inspirasi, rasa senang, rasa bahagia, atau sekaligus rasa nano-nano tergantung seberapa dalam penghayatan akan karya seni tersebut. Akar dari sebuah karya seni tercipta dari rasa haus akan sesuatu untuk memuaskan perasaanya sekaligus melampiaskan perasaan yang ada dalam diri pecinta seni tersebut. Maka terciptalah aktualisasi yang terukur dan mendalam.


Jiwa manusia membutuhkan karya seni yang memiliki relevansi terhadap keadaan jiwanya. Ada semacam pencarian untuk sekedar mengisi kekosongan. Hanya melalui keisengan lalu otak-atik dan inisiasi coba-coba namun dapat melahirkan seni kepada tingkat pengetahuan yang mampu mempengaruhi orang lain. Manusia butuh seni dan manusia diberi intelektual dan kepintaran untuk menciptakan sebuah karya seni. Kalau dalam diri manusia semua orang mengakui bahwa saat lahir manusia kosong dengan pengetahuan. Namun, benih seni Tuhan siapkan dalam jiwa manusia. Manusia hanya perlu merintis supaya manusia tahu apa seni yang Yang Tuhan Talentakan kepada setiap insan.

Lukisan indah

Berbeda memang setiap seni bagi manusia. Tergantung manusia dengan tangan-tangan dan pikiran yang terampil menciptakan karya seni yang paling diminati orang lain. Bagaimanapun  Talenta itu dapat menjawab kebutuhan manusia. Jika dikolaborasikan dengan beberapa instrumen-instrumen maka terciptalah artistik yang bernilai tinggi.


Merujuk pada fungsinya sebagai penginisiasi kejiwaan manusia untuk menghasilkan hormon endorfin yang mampu menaikan rasa bahagia seseorang. Seni itu merupakan warna bagi manusia. Tanpa seni kehilangan banyak makna. Keabadian jiwa manusia meliputi juga karya seni. Seni tidak bisa dilepaskan begitu saja dari kehidupan manusia. Tanpa seni, tidak ada pencapaian bernilai tinggi. Bagi yang mengerti arti seni memandang seni itu mahal, tapi yang gagap seni, seni adalah sesuatu hal biasa yang tidak perlu diberi apresiasi dan tidak layak untuk dihargai.

Ini adalah pengertian saya tentang seni.  Baiknya kenali seni didalam diri anda dan imajinasinya jelas. Dan tahu apa maknanya supaya seni itu tidak salah menempatkan 
Pengertian seni yang seringkali Dilupakan. Imajinasi Dalam Seni Pengertian seni yang seringkali Dilupakan. Imajinasi Dalam Seni Reviewed by Risda Nababan on April 12, 2020 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.