ATTITUDE, Belajar Kelas Khusus Bernama "KELAS KARAKTER"

Belajar berperilaku yang baik seperti Rasul

๐Ÿ’  ATTITUDE ๐Ÿ’ 
Jangan heran apabila anda sering dibuat jengkel dan kesal. Sebab banyak orang-orang disekitar bahkan dilingkungan kerja yang mereka pun tidak sadar bahwa sebenarnya sikap mereka sangat membuat kesal dan muak. Bukan karena tidak memiliki tempat pendidikan sebagai studi banding mereka untuk belajar seperti terhadap orang-orang yang memang mau mengubah perilaku yang menjengkelkan itu.


Tujuan pendidikan bukan hanya agar punya kepintaran  secara intelektual. Disamping itu supaya mereka bisa belajar membangun karakter. Itu sebenarnya yang lebih diutamakan dari sekedar pintar intelek. Berkarakter dan berattide lebih baik dari sekedar mendapatkan nilai akademik. Nilai akademik itu hanya untuk dirimu sendiri dan tempat anda mencari nafkah.  Karena disekitar anda juga banyak yang pintar tetapi tidak semua berattide.


Orang  pintar jika tidak berattide, suatu saat akan cepat terhempas. Tidak banyak yang bertahan lama. Modal utama yang perlu kamu kejar adalah sifat dan sikap yang baik. Saat baru lahir, yang orang tua ajarkan bukan ilmu tapi attitude. Entah sudah dewasa, anda belajar dan mencontoh siapa๐Ÿ˜œ๐Ÿ˜œ. Bayangkan saja, jika orang yang tidak punya attitude bertemu dengan sesama manusia yang tidak berattide. Seperti tarik menarik akhirnya sama mawon. Mungkin anda baru sadar bahwa ternyata "elus dada itu tidak enak."


Hidup didunia harus bernorma. Akan menjadi percuma jika setelah mendapat peringkat sarjana, hanya ilmu pengetahuan tetapi tidak dibarengi dengan perilaku yang baik. Selain untuk menjalin sebuah sosial yang harmonis, tentu orang lain akan mencontoh bagaimana sesama orang lain mencontoh. Tetapi kalau orang lain pun muak dengan sikap kita, jangankan dekat dari jauh sudah pasti dicemooh.


Sekolah tinggi itu wajib. Dengan belajar banyak anda akan menguasai dunia. Sebab pengetahuan adalah jendala dunia. Dengan begitu, akan menjadikan anda orang berpengetahuan luas dan tentu harusnya pintar secara intelektual. Itu karena anda kepengen menaklukkan dunia. Setidaknya membawa uang masuk dalam rekening walau hanya "babu" diperusahaan akan lebih mudah.



ATTITUDE MENJADIKAN ANDA MANUSIA BERKUALITAS.

Manusia akan mencari manusia sebagai teman atau sahabat sebagai kelasnya untuk menunjukkan jati dirinya. Sampah akan bertemu sampah dan air akan bertemu air. Jadi teman ditentukan oleh kelasnya dan kualitasnya. Mendapat gelar akademik tidak cukup sebagai modal untuk menjadikan diri anda manusia yang berkualitas dan berharga. Jangan salah, banyak lulusan sarjana tidak mampu bersaing diluar sana. Ditambah lagi dengan ATTITUDE dengan nilai minus. Sudah...
Tamat, akhirnya hanya buruh kasar.

Saya Tidak sedang berusaha memandang rendah kehidupan para buruh. Namun, yang digaris bawahi adalah bahwa diatas ilmu pengetahuan masih ada ATTITUDE yang tidak boleh dianggap tidak penting. Attitude itu kelasnya berstandar.


ATTITUDE harus menjadi sebuah DNA. Anda boleh saja tidak berpendidikan tinggi, tapi kalau attitude baik, orang lain akan memandang baik pada anda. Banyak kok orang yang mencari entitas kejujuran dan kemurnian dari seseorang. Soal pendidikan dan pengetahuan semua boleh belajar disitu sesuai kebutuhan terutama saat sedang ditempatkan disebuah bagian. Belajar saja dari sana, pasti dapat semua ilmunya. Sebab tidak semua ilmu pengetahuan yang dipelajari di sekolah akademis bisa berguna dan diterapkan dimasyarakat dan di dunia kerja. Tapi orang berpengalaman tidak ada tandingannya. Semua itu hanya sebagai penunjang kurikulum. Tapi pada kenyataannya, attitude lah yang berperan besar dan semuanya bisa dipraktikkan dan berguna bagi kehidupan orang lain.


Jangan terlalu bangga dengan gelar sarjana yang ada dibelakang nama. Itu tidak berdampak banyak bagi orang lain, sekalipun orang terdekatnya. Orang mau dekat dengan seseorang atau nyaman dengannya saat orang tersebut telah dikenal dari sifat baiknya. Karena dia tahu dia orang baik, bukan karena pendidikannya tinnggi, No....
Disaat duduk bersamaan yang dibicarakan bukan ilmu apa yang sedang dipraktekkan diluaran sana. Jadi ilmu pengetahuan itu nomor sekian dalam hidup.
Ya... sekarang mudah belajar ilmu pengetahuan asal rajin membaca sebab di google bisa dicari.


Banyak orang-orang mengenyam sekolah/pendidikan tinggi. Sebagian secara intelektual mereka sangatlah mumpuni tetapi dibagian lain mereka gagal dalam membangun attitude nya. Padahal pendidikan attitude lulusnya sangat mahal, lama lagi bahkan seumur hidup. Saat diwisuda, senangnya luar biasa, padahal sekolahnya paling lama 5-6 tahun. Nah, coba pendidikan karakter, seumur hidup tidak lulus-lulus pula, ambooyyy.

Baca juga: 18 Cara Cerdas Menilai Ciri Karakter Wanita Sejati

Saat dapat embel-embel dibelakang nama, serasa pencapaian yang menakjubkan tapi saat bersinggungan dengan orang lain attitude tidaklah ubahnya seperti lulusan anak sekolah dasar.  Salahnya dimana ini? Attitude...! Attitude...!


Tetapi rupanya sekolah tinggi tidak bisa menjamin dan membuktikan seseorang itu dapat ber-integritas, berkarakter dan ber-attitude yang baik karena itu dibangun didalam dan diluar gedung sekolah. Dan kebanyakan diuar gedung sekolah yaitu dimasyarakat. "sebuah percakapan dengan orang benar (berattide, berkarakter, berintegritas) akan lebih berharga dan menyenangkan dari pendidikan bertahun-tahun".



ATTITUDE ITU DIDAPAT DARI KEHIDUPAN SEHARI-HARI.

Gampangnya sih begini:
Manusia itu sehari-hari hidup dengan lingkungannya. Anda pun ada disana sebagai subjeknya. Terlibat langsung dalam lingkungan. Jadi siapapun bisa memulai interaksi sosial itu. Didalam lingkungan manusia terdapat bermacam karakter atau sifat. Yang gampang tersinggung, yang keras kepala, yang lembut tapi kuat dan sampai egois serta sok iyes ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚.


Anda tahu karakter itu bermacam-macam. Namanya juga interaksi biar sama-sama enak anda harus menyesuaikan dengan lawan bicara, dengan lingkungan. Anda jangan "Ngegas" terus saat bicara. Sekalipun anda itu sedang memberikan perintah kepada bawahan, mungkin karena merasa bawahan anda atau dibawah standar anda. Tetap hargai mereka karena mereka juga manusia. Hormati orang yang lebih tua. Tidak boleh menyama-ratakan sesuai dengan maunya anda. itu anda sombong dan egois.


Attitude menjadi pembeda bahwa anda benar-benar manusia. Yah dasarnya karena kita manusia maka kita pun harus memanusiakan manusia supaya nyata bahwa kita adalah manusia seutuhnya. Jabatan, pendidikan tinggi dan kekayaan hanyalah atribut. Bisa lepas kapan saja. Jangan membuat itu menjadi alasan gelap mata memandang orang lain bisa diperlakukan "semau gue" karena manusia punya perasaan. Mungkin juga sama-sama cuma penumpang gelap yang bisa diturunkan kapan dan dimana saja๐Ÿคช๐Ÿคช. Kalau anda termasuk orang yang masih muda, belajarlah menjadi dewasa dalam pemikiran, perilaku dan tindakan. Tapi kalau anda sudah tua tetap saja tidak berattide, bersiaplah untuk check out.



ATTITUDE TIDAK UNTUK MEMANIPULASI HAK-HAK ORANG LAIN.

Mengapa terjadi pencatutan hak-hak orang lain?
✔️ Karena jika tujuan orang menjadi pintar maka tidak terlalu perduli dan lupa dengan ATTITUDE
✔️ Jika tujuan seseorang untuk kaya, maka orang tersebut akan mengabaikan hak orang-orang lain bahkan tak segan-segan merampas hak-hak orang lain. Kewajiban bisa dipotong dan dijadikan hak pribadi.
✔️ Merasa super power dan dapat mengendalikan orang lain.
✔️Merasa punya wewenang terhadap orang lain tanpa memikirkan nasib orang lain
✔️ Terlalu mendesak kebutuhan akan kekayaan, kehormatan sehingga mengabaikan "croco-croco" yang berjuang mengangkatnya naik level.

Manusia punya hak atas hidupnya dan berhak menikmati atas apa yang dikerjakannya. Berikan apa yang me jadi hak mereka jangan rampas. Tuhan melihat mereka bahkan ketika saat dizolimi. Dan tukang zolim itu anda๐Ÿ˜Š


๐Ÿ“Œ Attitude itu adalah:

➡️Garda terdepan untuk melawan hawa nafsu anda.
➡️ Membungkam pikiran anda daripada mengambil yang bukan hak anda.
Ingat: Setiap orang punya dapurnya masing-masing, Yang mengerti katakan: Amin.
➡️ Menasihati diri anda supaya bersikap baik terhadap semua orang termasuk orang dibawah anda serta menghormati orang lebih tua.
➡️ Jujur pada kenyataan dan tidak merugikan orang lain.
➡️ Berani mengakui kesalahan.
➡️ Belajar mengakui kelemahan dan mau belajar dengan siapa saja termasuk dari binatang saja pun bisa, dan itu membuktikan Anda memiliki sikap yang rendah hati.
➡️ Tidak mengambil hal orang lain.
➡️ Tidak egois
➡️ Tidak memandang rendah orang lain.
➡️ Dan lain-lain, karena attitude itu selalu berlaku yang baik-baik. dan tidak menipu diri sendiri. Saat kepada si A manis, giliran ke si B, pahit, masam dan kecut.


Fenomena orang "bodoh" sangat menjamur dan meluas. Hampir bisa dikatakan banyak orang yang menonjol (menonjol dalam hal kejahatan) adalah orang berpendidikan. Mereka itu memberikan pandangan pada dirinya adalah "para intelek"  tetapi sayangnya mengejar pendidikan tinggi tidak cukup tanpa dibarengi : attitude, interitas, karakter dan kapabilitas.  Maksudnya pendidikan harus didukung attitude, integritas, karakter dan kapabilitas. Tanpa keseimbangan anda akan menjadi seperti robot yang hanya dikendalikan sebuah remote control.
Sebenar-benarnya #butuhpaluuntukmengetok kepala mereka untuk meluruskan yang bengkok-bengkok dan merangsang pertumbuhan otak baru untuk menumbuhkan attitude.
ATTITUDE, Belajar Kelas Khusus Bernama "KELAS KARAKTER" ATTITUDE, Belajar Kelas Khusus Bernama "KELAS KARAKTER" Reviewed by Risda Nababan on May 14, 2020 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.